Honda Rilis Teknologi Pencegah Kecelakaan, Seperti Apa?

Telset.id, Jakarta – Kecelakaan adakalanya menjadi hal yang tak bisa dihindari oleh para pengendara kendaraan bermotor, baik itu mobil maupun motor. Apalagi di kota besar yang padat seperti Jakarta. Biasanya itu (kecelakaan) terjadi baik karena kelalaian pengemudi itu sendiri maupun pengemudi lainnya, termasuk mereka yang tak mematuhi lalulintas.

Untuk mengurangi tingkat kecelakaan ini, Honda merilis teknologi yang bisa menghindari tabrakan atau benturan antar kendaraan, khususnya di persimpangan. Teknologi yang diberi nama Smart Intersection ini diharapkan bisa membuat kendaraan lebih waspada terhadap kendaraan lain yang datang dari arah yang tidak terlihat di persimpangan.

Baca Juga: Setelah Asimo, Honda Bikin Robot “Rescue”

Seperti dilansir digitaltrends, Senin (8/10/2018), pabrikan otomotif Jepang ini memperkenalkan teknologi tersebut dengan cara melakukan ujicoba penerapannya secara langsung. Dalam hal ini, mereka menggandeng kota Marysville, Ohio, Amerika Serikat (AS), sebagai bagian dari 33 proyek Smart Mobility Corridor.

Sebenarnya sejumlah mobil kelas premium alias mobil mahal telah memiliki teknologi pendeteksi benda atau kendaraan yang berada disampingnya. Namun teknologi itu dinilai masih memiliki kekurangan, terutama dalam pantauan terhadap kendaraan lain di persimpangan jalan.

Untuk memperbaiki itu, Honda melengkapi teknologi barunya dengan gambar kondisi jalan di sisi persimpangan jalan atau gang secara jelas. Caranya dengan memanfaatkan perangkat lunak (software) pengenalan objek dan kamera yang dipasang di persimpangan supaya bisa memberikan visual 360 derajat di jalan hingga 300 meter.

Masukan informasi dari kamera yang diberi nama komunikasi antara kendaraan ke semuanya atau vehicle-to-everything communication (V2X) membuat mobil yang dilengkapi teknologi itu memiliki kemampuan melihat obyek dibalik tikungan secara visual, bahkan menembus tembok atau Gedung yang menutupi pandangan pengemudi.

Dengan teknologi ini maka kendaraan bisa lebih cepat mengidentifikasi setiap potensi rintangan atau bahaya. Lalu teknologi ini memperingatkan pengemudi supaya bisa menghindari atau mengantisipasi masalah tersebut.

“Honda percaya bahwa teknologi V2X adalah komponen penting dari ekosistem transportasi yang lebih cerdas dan lebih aman. Komponen ini dapat memainkan peran dalam mimpi kami untuk masyarakat tanpa tabrakan,” ujar Wakil presiden penelitian strategis di Honda R&D Amerika, Ted Klaus.

Fokus teknologi Honda untuk menghindari bahaya pada persimpangan jalan merupakan suatu terobosan baru yang patut diaprasiasi. Pasalnya sekitar 40 persen dari semua tabrakan dan hampir 20 persen dari 35.000 korban tewas dalam kecelakaan di AS setiap tahun terjadi di persimpangan.

Baca Juga :  Gandeng Honda, Grab Bikin Program Pelatihan Keamanan Pengemudi

Mobil otonom juga belum memiliki tekonologi tersebut, sehingga bisa menjadi acuan bahkan peluang kerjasama selanjutnya. Raksasa otomotif ini berharap teknologi ini bisa mengurangi jumlah kecelakaan di Amerika dan negara lainnya  untuk mengurangi jumlah korban tewas di jalan. [WS/IF]

Sumber: Digitaltrends

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Trafik Internet Diprediksi Naik 40% Saat Ramadan dan Lebaran

Telset.id, Jakarta - Trafik internet saat bulan Ramadan dan lebaran di tahun 2020 ini diprediksi akan naik sebesar 40%....

Ini Produk Paling Laku di Tokopedia Selama Corona, Bisa Tebak?

Telset.id, Jakarta - Tokopedia baru-baru ini mengumumkan kategori produk paling laku di platform mereka. Produk ini dibeli masyarakat selama pandemi...

WhatsApp Batasi Forward Pesan untuk Tekan Hoaks Corona

Telset.id, Jakarta  - WhatsApp memberlakukan batasan baru untuk forward pesan (forward message) alias pesan yang diteruskan. Tujuannya, untuk menekan...

Tokopedia Tindak Tegas Penjual Masker dengan Harga Tak Wajar

Telset.id, Jakarta - Tokopedia tidak segan menindak tegas para penjual produk kesehatan, seperti masker, hand sanitizer, dan lainnya yang dijual...

Facebook Rilis Aplikasi Tuned Khusus untuk Pasangan

Telset.id, Jakarta  - Facebook mengumumkan peluncuran aplikasi Tuned, yang telah dirancang khusus untuk pasangan. Lantas, bagaimana dengan Facebook Messenger...
- Advertisement -