Grab Punya Layanan Baru, GrabExpress Car & GrabExpress Nalangin

Telset.id, Jakarta – Grab resmi merilis layanan terbarunya, GrabExpress Car dan Grab Express Nalangin, yang akan membidik pengusaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di kawasan Jakarta.

Dengan dua layanan baru ini, Grab optimistis bisa terus merajai bisnis layanan transportasi online atau ride hailing di Indonesia sekaligus bisa membantu mendorong perekonomian nasional.

Managing Director Grab Indonesia Ridki Kamadibrata menjelaskan meluncuran dua layanan anyar ini didasarkan oleh berbagai masukan pengguna layanan mereka, terutama seller dan UMKM.

Tetapi saat ini layanan tersebut masih dalam tahap ujicoba sehingga baru beroperasi di wilayah Jakarta Bogor Tengeran dan Bekasi (Jabodetabek) untuk GrabExpress Car dan untuk wilayah DKI Jakarta untuk GrabExpress Nalangin.

“Inovasi terbaru ini untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital Indonesia dan sejalan dengan master plan Grab 4 Indonesia,” ujar Ridzki dalam acara peluncuran GrabExpress Car dan GrabExpress Nalangin di Jakarta, Rabu (28/11/2018).

Sementara itu, Head of 2 Wheels Transport & Logistics Grab Indonesia Gita Prihanto menjelaskan GrabExpress Car adalah layanan kurir online untuk mengirim hingga 5 jenis paket barang secara cepat yang memanfaatkan mobil mitra Grab Car.

Mobil yang dipergunakan dibatasi hanya yang berukuran besar, memiliki 3 baris bangku untuk menampung barang dengan kapasitas maksimal 150 kg.

“Jadi barang yang diantar bisa dimonitor bersama-sama online posisinya dari aplikasi ini dan seller bisa dapat info dari e-mail jika barang kiriman sudah sampai atau diterima. Mobil yang digunakan juga harus yang 6 seater, (Toyota) Calya tidak digunakan,” jelas Gita.

Sedangkan GrabExpress Nalangin adalah layanan Cash on Delivery (COD) dengan armada sepeda motor, yang memungkinkan penggunanya untuk mengirimkan produknya ke pembeli dengan biaya pembelian produk yang ditanggung terlebih dahulu oleh mitra pengemudi.

Pada peluncuran ini, Grab juga memberikan promosi berupa gratis biaya pengiriman barang hingga Rp 100ribu untuk 2x pengiriman.

Layanan baru ini diharapkan bisa menambah penghasilan untuk para mitra Grab, baik pengemudi mobil dan motor. Para mitra layanan transportasi asal Singapura ini juga dipastikan telah ditraining untuk mengantisipasi masalah yang tidak diinginkan, terutama pada layanan GrabExpress Nalangin.

Merchant harus ada responsibility jika ternyata pembeli tidak cocok dengan barang yang dipesan ketika COD dan pembeli juga harus komit jika sudah memesan. Tapi kami sudah ada support jika menghadapi kendala itu,” tukas dia.

Selain dua layanan tersebut, Grab juga merilis layanan Grab 4 Bisnis untuk GrabExpress Car dan motor yang membidik pengguna perusahaan. Tetapi karena baru dalam tahap ujicobam maka hanya ada 1 destinasi saja di Jakarta.

“Nanti akan kami kembangkan untuk multi destinasi, sementara baru satu destinasi saja di Jakarta,” imbuh dia.

Tak hanya itu, Grab juga mulai menerapkan fitur integrasi kontak telepon ke dalam aplikasi GrabExpress. Jadi ketika pengguna melakukan pengiriman, tinggal mengklik kontak yang sudah diunduh dari data ponselnya.

Gita meyakinkan supaya pengguna jangan khawatir kontak telepon tersebut akan disalahgunakan karena mereka fokus pada keamanan data pelanggan.

“Ini adalah inovasi kami supaya pengguna dapat mengirim barang denga mudah, cepat dan aman. Kami ajak supaya UMKM pengguna aplikasi Grab mencobanya dan berikan kami input kekurangannya,” pungkas dia. [WS/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here