Pengguna Shopee di Asia Tenggara Tumbuh 150 Persen

Telset.id, Jakarta – Indonesia menjadi pasar yang seksi bagi para e-commerce, seiring meningkatnya tren belanja online. Salah satu e-commerce yang menikmati kue pasar tersebut adalah Shopee, yang mengalami pertumbuhan jumlah pengguna yang sangat pesat .

Direktur Shopee Indonesia Christine Djuarto menyebutkan bahwa Indonesia termasuk negara yang memiliki tingkat pertumbuhan market belanja online yang sangat cepat.

“Di Indonesia memang lagi banyak banget yang suka belanja online, jadi pertumbuhannya sangat cepat,” ucap Christine di acara Media Gathering Shopee 12.12 Birthday Sale di Jakarta, Rabu (28/11/2018).

Ia mengungkapkan, Shopee telah mengalami pertumbuhan pesat di kawasan Asia Tenggara dan Taiwan selama kuartal ketiga tahun 2018, dengan peningkatan GMV (Gross Merchandise Value) 152,7%, dibandingkan tahun sebelumnya di kuartal yang sama.

Shopee juga mencatat pertumbuhan jumlah pengguna sekitar 150% dibandingkan kuartal ketiga tahun 2017, dimana Indonesia menyumbang 40% dari pertumbuhan pelanggan tersebut.

“Pertumbuhan 150 persen itu juga untuk akhir kuartal ketiga, jadi belum termasuk promo 11 November kemarin,” jelas Christine.

Selain itu, Indonesia juga mencatat rekor jumlah unduhan aplikasi Shopee yang mencapai 74 juta unduhan, yang membuat Shopee sebagai aplikasi belanja online nomor satu di Google Play dan App Store.

Menjelang libur akhir tahun ini, Shopee mengatakan akan “kejar setoran” dengan memanfaatkan beberapa event besar. Salah satu yang sedang mereka persiapkan adalah promo 12.12 Birthday Sale. Sesuai namanya, program ini diluncurkan untuk merayakan ulang tahun Shopee.

Penawaran yang tersedia hingga tanggal 12 Desember 2018 tersebut terdiri dari cashback hingga 120% , gratis ongkos kirim 12 kali, dan hadiah Kuis Shopee dengan total koin Shopee senilai Rp 12 miliar.

Christin memproyeksikan bahwa promo Desember mendatang akan lebih besar dibandingkan bulan November lalu dengan promo 11.11 Big Sale. Hal tersebut dikarenakan kecenderungan e-commerce yang selalu tumbuh setiap bulannya.

Shopee 12.12 Birthday Sale berlangsung dari tanggal 19 November selama 3 minggu. Di hari puncaknya yang bertepatan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas), Shopee berharap pengguna dapat melakukan pembelian dengan lancar walaupun dengan traffic yang tinggi. (AU/HBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here