GoPay Siap Dorong Inklusi Keuangan Pelaku UMKM

Inklusi Keuangan
Forum Pedagang Baik GoPay (Naufal/Telset.id)

Telset.id, Jakarta – GoPay memastikan akan terus berusaha untuk mendorong inklusi keuangan oleh pelaku bisnis UMKM. Caranya, mereka menggelar Forum Pedagang Baik, untuk mengedukasi pelaku UMKM mengenai inklusi keuangan serta penggunaan teknologi untuk mengembangkan bisnis mereka.

Menurut Head of Micro Merchant GoPay, Dewi Yulianto Rosa, Forum Pedagang Baik terinspirasi dari Bengkel Belajar Mitra (BBM) yang dihadirkan Gojek untuk mitra driver.

Lewat forum ini, GoPay ingin melakukan pelatihan dan memberikan pendampingan bagi para pelaku UMKM agar dapat mengembangkan bisnisnya lewat teknologi.

{Baca juga: Nadiem Makarim Jadi Mendikbud, Begini Reaksi Kocak Warganet}

“Kita melakukan edukasi langsung, menawarkan mengajak merchant untuk mulai mencoba menerima pembayaran online,” kata Dewi di Jakarta, Rabu (30/10/2019).

Layanan pembayaran digital tersebut ingin menerapkan strategi “jemput bola” untuk melakukan Forum Pedagang Baik. Dewi menambahkan, pihaknya melakukan pertemuan dengan paguyuban pedagang untuk membicarakan forum ini agar mereka dapat mengikutinya adengan baik.

“Kami melakukan pendekatan kepada paguyuban-paguyuban pedagang,” tambah Dewi.

Forum Pedagang Baik sendiri dilaksanakan selama 1 sampai 3 bulan. Selama 3 bulan, GoPay akan mengunjungi pasar atau kawasan merchant untuk mengedukasi terkait inklusi keuangan, panduan cara memakai GoPay serta pelatihan bisnis kepada pelaku UMKM.

{Baca juga: Facebook dkk Berpotensi Rusak Bisnis UMKM?}

“Pelatihannya seperti bagaimana cara pakai Gopay. Bagaimana caranya mengetahui apakah uangnya udah masuk atau belum. Bagaimana caranya bikin menu yang baik. Kami mengajak merchant untuk mulai mencoba menerima pembayaran online  dan membantu dalam membuat rekening bank,” tutur Dewi.

Forum ini telah sebenarnya telah dilaksanakan di 7 lokasi di Indonesia, dan sudah ada 300 pelaku UMKM yang ikut dalam forum tersebut. Adapun lokasi ke-8 yang akan dituju adalah Food Court RPI Jakarta Selatan, dengan target peserta adalah pedagang kuliner di tempat tersebut.

“Saya yakin pelaku usaha yang dibina dan dilatih GoPay akan merasa manfaatnya,” tutup Dewi. (NM/FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here