Google Tambahkan Data Medis, Mirip Apple HealthKit

Google medical informationJAKARTA – Google menambah data fakta medis dalam tool pencariannya. Berbagai informasi dasar dari gejala penyakit, cara pengobatannya, hingga kondisi pasien akan muncul dalam Knowledge Graph. Dengan cara ini, Google membantu para penggunanya untuk mendapatkan informasi medis lebih cepat.

Dalam keterangannya Google menyebutkan bahwa mereka menambahkan fakta medis dalam tool pencariannya karena mendapati satu dari 20 pengguna Google Search ternyata melakukan pencarian berbasis kesehatan.

Oleh sebab itu, data yang diinginkan pengguna akan muncul secara pop-up di Knowledge Graph, kotak berisi informasi di kanan atas laptop. Dalam kotak ini terkadang juga diikuti dengan inforgrafis tertentu atau ilustrasi yang mendukung.

Prem Ramaswam, Produk Manager Google, mengatakan bahwa pihaknya bekerja sama dengan tim medis dokter untuk melakukan akurasi dan kompilasi data dan sebagai saran medis.

“Informasi yang dikumpulkan Google akan di cek oleh tim (medis) ini,” kata Ramaswam, seperti dikutip telsetNews dari The Verge, Rabu (11/2/2015).

Langkah Google ini memang bukan yang pertama. Karena sebelumnya aplikasi Apple HealthKit sudah menggunakan cara ini, dan sudah lebih dulu berjalan ketimbang Google. Apple juga lebih dulu bekerja sama dengan banyak rumah sakit dibanding Google.

Meski begitu, dapat dipastikan bakal tidak ada yang sanggup menandingi Google ketika layanan ini disasarkan untuk pasar global, mengingat jaringan pengguna Google yang sangat luas di seluruh dunia. [AI/HBS]

 

SourceThe Verge

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI