Google Lebih Penting Ketimbang Apple, Kenapa?

Pemikiran Apple yang digambarkan Thompson tadi akan terlihat sangat kontras saat kita mendengar sambutan SVP Google, Sundar Pichai di acara konferensi I/O beberapa kemarin:

“Di Google, kami selalu bekerja keras dalam mengembangkan produk yang bisa digunakan oleh siapapun di seluruh dunia. Ketika kami memandang teknologi, kami ingin menggunakannya untuk membuat perubahan dalam masalah-masalah penting di kehidupan sehari-hari. Itulah yang mendasari kami dalam menciptakan layanan Google Search.

Layanan tersebut berlaku sama untuk siapapun di seluruh dunia, baik ketika diakses oleh seorang bocah di kawasan terpencil di Indonesia, sampai seorang profesor di sebuah pusat riset kelas dunia. Anda akan mendapatkan hasil pencarian yang sama di ujung jari Anda, selama Anda memiliki bekal komputer dan akses ke internet”.

… Masing-masing produk (Android dan iPhone) saat ini digunakan semua orang di dunia, tapi kami lebih istimewa karena melayani lebih dari satu miliar pengguna untuk masing-masing produk.

Menurut data pasar, di tahun lalu Google telah menjual lebih dari satu miliar ponsel Android, sementara di waktu yang sama, Apple “hanya” menjual 190 juta unit iPhone. Namun terlepas dari angka-angka penjualan itu, Thompson menyimpulkan bahwa Google telah melakukan pekerjaan lebih baik dari Apple.

Google memberikan layanan Internet murah untuk semua orang, terlepas perangkat apa yang Anda beli, dengan kata lain, orang-orang kaya yang membeli iPhone akan mendapatkan hal yang sama seperti orang-orang miskin yang menggunakan Android.

Misi Google ingin membawa semua orang terhubung dengan Internet, tidak pandang status sosial – apakah Anda “anak pedesaan di Indonesia atau profesor di pusat penelitian kelas dunia”. Universalitas inilah yang menurut Thompson menjadikan Google berbeda dengan Apple.

Well, apapun yang terjadi, persaingan kedua raksasa ini akan tetap menarik untuk diikuti. Terlepas dari berbagai kontroversi dan opini yang disampaikan Thompson tadi, Google dan Apple merupakan sebuah fenomena di era Internet. Nah, bagaimana menurut Anda? Silahkan menyampaikan opini Anda tentang kedua perusahaan keren ini. [HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0