Google “Gerak Cepat” Selidiki Penyebab Gmail Down

Telset.id, Jakarta – Google memberikan penjelasan terkait tumbangnya layanan pesan Google Mail (Gmail) dan Google Drive yang terjadi beberapa jam yang lalu. Raksasa pencarian ini mengaku masih melakukan penyelidikan terkait penyebab Gmail down.

Menurut laporan The Guardian, seperti dilansir Telset.id pada Rabu (13/03/2019), Google langsung “gerak cepat” dengan mencari penyebab kerusakan pada layanannya. Sebab, Gmail memiliki lebih dari 1 miliar pengguna, dan tentu akan berdampak besar pada pengalaman pengguna ketika adanya kesalahan.

“Kami sedang menyelidiki laporan masalah dengan Gmail. Kami akan segera memberikan informasi lebih lanjut, ” tulis Google.

Perlu diketahui, pengguna yang terkena dampak tidak dapat mengirim email, dan terdapat tulisan  “Message could not be sent. Check your network and try again”. Selain itu, pengguna juga tidak dapat membuka lampiran di Gmail.

{Baca juga: Simsalabim! Google Ubah Gmail jadi “Serba Pintar”}

Beberapa jam setelah kerusakan terjadi Google sempat mengonfirmasi bahwa pelanggan mengalami masalah dalam mengakses atau melampirkan file serta menyimpan draft email dan mengirimkan email.

Masalah lain juga terjadi pada Google Drive. Layanan tersebut sempat mengalami kerusakan, dan Google telah mengkonfirmasinya. Mereka mengakui ada masalah saat menggunggah dan mengunduh file dari Google Drive dan menggunggah foto atau lampiran ke Hangouts.

Google Maps juga tampaknya mengalami masalah, dimana pengguna yang mencoba menggunakan mode Street View malah melihat layar hitam bukan gambar lokasi. Sayangnya, hingga saat ini Google belum menjelaskan penyebab dari rusaknya ketiga layanan tersebut.

{Baca juga: Layanan Gmail Down, Ada Apa?}

Kerusakan Gmail dan Google Drive diduga berdampak bagi pengguna di seluruh dunia seperti Amerika Serikat, Eropa, Asia, Australia, dan Amerika Selatan yang melaporkan masalah tersebut.

Di Indonesia sendiri, Gmail dan Google Drive tumbang pada Rabu pagi (13/03) pukul 10.00 WIB. Para pengguna sempat tidak bisa mengakses layanan tersebut selama beberapa jam. Kini, berdasarkan pantauan Tim Telset.id pada pukul 13.07 WIB, kedua layanan ini kembali normal. (NM/FHP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI