Google Fabricius Bisa Terjemahkan Tulisan Hieroglif Mesir Kuno

Telset.id, Jakarta  – Google menghadirkan aplikasi baru yang berguna untuk menerjemahkan tulisan Hieroglif yang digunakan bangsa Mesir kuno. Aplikasi bernama Fabricius ini menggunakan teknologi pembelajaran mesin (machine learning).

Saat ini, bahasa serta tulisan sudah tersedia dalam banyak jenis, yang sama-sama berfungsi sebagai sarana bagi manusia untuk berkomunikasi.

{Baca juga: Kini, Terjemahan via Google Translate Pakai Augmented Reality}

Cuma, pada masa lampau, orang-orang menggunakan gambar untuk berkomunikasi satu sama lain. Satu metode yang cukup produktif dan paling mungkin diketahui adalah dalam bentuk penggunaan kode Hieroglif Mesir.

Seperti kebanyakan bahasa, Anda tidak akan mengerti apa yang sedang ditulis dalam huruf tersebut. Namun, seperti dilansir Ubergizmo, Google telah menghadirkan aplikasi sejenis Google Translate bernama Fabricius.

Dikutip Telset.id, Minggu (19/7/2020), Fabricius memiliki kemampuan untuk memecahkan kode Hieroglif menggunakan pembelajaran mesin. Lantas, bagaimana awal mula Google punya ide untuk menciptakan Fabricius?

“Sejauh ini, para ahli masih harus menggali secara manual melalui buku demi buku untuk menerjemahkan dan menguraikan bahasa kuno. Proses itu hampir tidak berubah selama lebih dari seabad,” kata Google.

Nah, Google menyebut, kini semua bakal lebih mudah lewat kehadiran Fabricius. Fabricius adalah alat digital pertama yang dirilis sebagai sumber terbuka berteknologi kecerdasan buatan untuk menerjemahkan Hieroglif.

Aplikasi itu akan hadir dengan beberapa mode, seperti mode Learn yang akan memberi Anda pengantar singkat tentang Hieroglif. Ada pula mode Play yang akan memungkinkan pengguna membuat pesan sendiri.

Seperti diketahui, Google mengembangakn machine learning pada sejumlah aplikasi buatannya, salah satunya adalah Google Translate.

{Baca juga: Wow! Kamera Google Translate Bisa Terjemahkan 100 Bahasa}

Beberapa waktu lalu, aplikasi penerjemah ini telah menerima pembaruan signifikan untuk fitur terjemahan kamera instan. Pengguna cukup mengarahkan kamera smartphone ke teks berbahasa asing untuk menerjemahkannya ke bahasa Inggris.

Kehadiran pembaruan tersebut membuat pengguna lebih mudah memahami lingkungan sekitar saat berada di negara yang tak memakai bahasa Inggris untuk penulisan di petunjuk jalan atau tanda lainnya.

Google telah mengonfirmasi bahwa fitur terjemahan kamera instan sekarang mendukung 60 bahasa tambahan, antara lain, bahasa Thailand, Arab, Hindi, Melayu, dan Vietnam. [SN/HBS]

 

 

 

 

 

SourceUbergizmo

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI