Ilustrasi Menggemaskan dari Google untuk Peringati Hari Anak Nasional

Hari Anak Nasional
Foto: JadiBerita

Telset.id, Jakarta – Google Doodle ikut merayakan Hari Anak Nasional 2020. Google menampilkan ilustrasi berupa anak-anak yang sedang asyik bermain permainan tradisional, di laman depan Google Search.

Ilustrasi ini memperlihatkan anak-anak yang mengenakan baju tidur dengan model berbeda-beda. Itu menandakan keberagaman anak-anak di Tanah Air yang terbentang dari Sabang sampai Merauke.

Dihadirkan juga ilustrasi layang-layang, perahu, dan baling-baling kertas yang dimainkan anak-anak.

{Baca juga: Google Doodle Tampilkan Subak Bali, Warisan Dunia Asli Indonesia}

Hari Anak Nasional

Hal tersebut menggambarkan permainan tradisional favorit anak-anak, meski eksistensinya semakin menurun karena kalah bersaing dengan game di ponsel pintar.

Selain menghadirkan doodle untuk merayakan Hari Anak Nasional yang diperingati setiap tanggal 23 Juli, Google juga membantu orang-orang yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai Hari Anak Nasional.

Caranya, dengan mengetuk ilustrasi, dan otomatis Google akan mengarahkan pengguna ke pencarian mengenai Hari Anak Nasional.

Sejarah Hari Anak Nasional 

Indonesia memiliki perbedaan tanggal mengenai hari anak. Hari Anak Internasional biasanya dirayakan pada  tanggal 1 Juni dan Hari Anak Universal diperingati setiap tanggal 20 November.

Dipilihnya tanggal 23 Juli berdasarkan dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 1984 tanggal 19 Juli 1984.

Ketika itu, presiden Soeharto menyatakan anak-anak adalah generasi penerus untuk kemajuan bangsa. Tujuan, supaya masyarakat Indonesia tetap menyadari akan hak dan perlindungan anak-anak di Tanah Air.

Di zaman presiden Soekarno, sebenarnya telah ada peringatan serupa. Peringatan dilakukan setiap tanggal 1 hingga 6 Juni dan penggagasnya adalah Kongres Wanita Indonesia (Kowani) pada tahun 1951.

{Baca juga: Pandemi Corona Bikin Anak-anak Ketagihan Akses Internet}

Tujuannya sama, untuk menjadi pengingat akan hak dan perlindungan anak yang perlu dijaga demi kemajuang bangsa. Pada zaman presiden Soekarno, masyarakat memperingatinya dengan sangat meriah karena bertepatan dengan libur sekolah.

Anak-anak menggelar pawai dan di hari terakhir, mereka diundang ke Istana Negara karena tanggal 6 Juni bertepatan juga dengan hari ulang tahun Bung Karno.

Namun, saat kepemimpinan berganti, jadwal Hari Anak Nasional berubah menjadi 23 Juli dan selalu diperingati sampai sekarang.

Google Gelar Program Tangkas Berinternet

Menyambut Hari Anak Nasional, Google Indonesia bersama Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) menggelar program Tangkas Berinternet.

Salah satu kegiatan dari program Tangkas Berinternet adalah menggelar webinar yang disiarkan melalui akun Youtube Kemen PPPA pada Selasa (21/07/2020).

Menurut Head of Public Policy Google Indonesia, Putri Alam, program Tangkas Berinternet adalah program global literasi digital dan keamanan online yang dijalankan oleh Google untuk meningkatkan keamanan berinternet anak-anak.

Program Google ini memuat beberapa materi ajar untuk guru dan orang tua, situs terkait literasi digital, permainan berbasis web dan Interland.

{Baca juga: Rayakan Hari Anak, Google Gelar Program Tangkas Berinternet}

Semuanya hadir untuk membantu mengajarkan konsep literasi digital kepada anak-anak dengan bantuan guru dan orang tua.

“Program ini dirancang supaya lebih tangkas berinternet dengan memberikan pengajaran pelajaran secara positif dan menyenangkan,” tutur Putri.

Putri juga menambahkan jika  program ini juga untuk menyambut Hari Anak Nasional yang jatuh pada 23 Juli.

Menurutnya peringatan tersebut bisa menjadi momentum supaya keluarga bisa lebih melindungi anak-anak saat mengakses internet khususnya dimasa pandemi Covid-19. Keluarga harus menerapkan aturan supaya anak-anak bisa bijak mengakses internet.

{Baca juga: Rekomendasi 10 Game Anak-anak Terbaik di Android 2020}

“Sangat penting bagi keluarga untuk dapat menerapkan aturan dasar digital dan praktek aman internet seperti halnya di kehidupan nyata,” tambah Putri. (NM/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here