telset

Google & Apple Didesak Hapus Aplikasi “Pengawas Wanita” Arab Saudi

Telset.id, Jakarta – Desakan mulai bermunculan terkait aplikasi pengawas wanita di Arab Saudi yang bernama Absher. Google dan Apple didesak untuk menghapus aplikasi tersebut dari Google Play Store ataupun App Store karena aplikasi ini secara tidak langsung menindas hak perempuan di Arab Saudi.

Dilansir Telset.id dari PhoneArena pada Minggu (03/03/2019) aplikasi Absher merupakan sebuah aplikasi yang dapat diunduh di Google Play store dan Apple store berfungsi sebagai portal e-government dan perangkat lunak layanan umum untuk Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi.

Dengan aplikasi ini, warga Arab Saudi dapat memproses sejumlah surat-surat pribadi, seperti mendapatkan paspor, akta kelahiran atau pendaftaran kendaraan.

Aplikasi ini  memungkinkan para pria untuk mengawasi istri dan anak perempuan mereka. Absher akan mengirim pesan teks ke pria jika seorang wanita sedang menunjukan paspor dalam upaya meninggalkan negara itu.

{Baca juga: Apple & Google Dikritik Soal Aplikasi ‘Pengawas Wanita’ Arab Saudi}

Desakan untuk menghapus aplikasi muncul dari Senator Amerika Serikat (AS) Ron Wyden. Dia menuliskan surat kepada Apple dan Google untuk meminta agar aplikasi Absher dihapus dari pasar iOS dan Android dan surat juga ditujukan kepada CEO Google, Sundar Pichai dan CEO Apple, Tim Cook dari 14 anggota DPR AS.

Surat kepada kedua petinggi Google dan Apple pun sudah dikirim sebelumnya pada tanggal 21 Februari kemarin. Dalam surat itu, anggota parlemen menulis bahwa Apple dan Google sama-sama antek dalam penindasan wanita Arab Saudi karena mereka menjadi tuan rumah aplikasi di platform mobile mereka.

{Baca juga: Perempuan Arab Saudi Kini Dapat Notifikasi Cerai via SMS}

Kamis yang lalu ini, Apple mengatakan kepada politikus dari partai Demokrat, Rep. Jackie Speier bahwa mereka sedang meninjau aplikasi tersebut dan tindakan tersebut kembali dikritik oleh senator Wyden karenamengulur-ulur waktu.

Sementara itu, Google tidak akan menghapus aplikasi Absher dari Google Play Store karena Ia memenuhi semua syarat dan ketentuan.

Keputusan Google untuk tidak menghapus Absher dan keraguan Apple membuat Rep. Speier mengatakan tindakan Apple dan Google selama ini sangat tidak memuaskan. (NM/HBS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0