Gawat! Malware Android Ini ‘Kebal’, Tak Bisa Dimusnahkan

Telset.id, Jakarta – Ditemukan malware Android yang memiliki kemampuan mengerikan karena bisa menginstal ulang sendiri. Dengan kemampuan itu, hampir mustahil bagi para pengguna untuk memusnahkannya, meski sudah di factory reset.

Malware yang dikenal sebagai xHelper tersebut kali pertama ditemukan pada Maret 2019. Lima bulan kemudian, malware itu menginfeksi 32.000 smartphone. Kini, sudah 45.000 perangkat Android yang terserang.

{Baca juga: Aplikasi CamScanner Disusupi Malware, Segera Uninstall!}

Menurut Symantec, dikutip Telset.id dari Phone Arena, Kamis (31/10/2019), tak kurang 131 perangkat baru berbasis Android terinfeksi malware tersebut setiap hari dan 2.400 smartphone setiap bulan.

Malware itu menampilkan iklan sembulan dan spam pemberitahuan yang mendatangkan penghasilan bagi si pelaku. Sialnya, beda nasib dengan pelaku, perangkat pengguna terinfeksi ke Google Play Store.

Pemilik smartphone diminta menginstal situs premium yang membayar komisi kepada pelaku. Malware menyerang perangkat  Android melalui arahan ulang yang mengiirng pengguna ke situs aplikasi.

Beberapa aplikasi itu diketahui berisi trojan xHelper. Setelah satu aplikasi yang terinfeksi diinstal di perangkat Android, xHelper menginstal sebagai unduhan terpisah dan menghapus aplikasi asli.

Faktanya, pengguna Android tidak akan pernah menyingkirkan xHelper. Sebab, virus tersebut akan secara otomatis menginstal ulang, bahkan setelah pengguna melakukan upaya factory reset.

{Baca juga: Hati-hati! Malware RTF Incar Aplikasi Microsoft via Email}

Symantec dan Malwarebytes mengatakan bahwa xHelper tidak mengacaukan sistem operasi Android atau aplikasi sistem. Kabarnya, beberapa antivirus berbayar bisa mengatasinya meski belum ada bukti. [SN/HBS]

Sumber: PhoneArena

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI