Gawat! Data Jutaan Influencer Instagram Bocor ke Publik

Like Patrol

Telset.id, Jakarta – Data pribadi dari jutaan influencer Instagram bocor. Data tersebut berisi nomor telepon, sampai alamat email dari para selebgram, influencer, dan akun bisnis Instagram.

Dilaporkan Engadget, seperti dikutip Telset.id pada Selasa (21/05/2019), data tersebut tersimpan dalam database di Amazon Web Services yang tidak diamankan oleh password atau kata sandi.

Kabarnya, ada 49 juta data berisi informasi pribadi influencer Instagram yang tersimpan pada database itu.

{Baca juga: Instagram Rombak Desain Tab Explore, Biar Lebih Relevan}

Database yang bocor ini pertama kali ditemukan oleh peneliti keamanan bernama Anurag Sen. Diduga, data para influencer ini disebarkan oleh perusahaan pemasaran media sosial yang berbasis di Mumbai, India bernama Chtrbox.

Sayang, pihak Chtrbox enggan menjawab saat diminta klarifikasi oleh media Techcrunch. Selain itu, database pun dilaporkan sudah dihapus dari Amazon Web Service.

Instagram pun angkat bicara mengenai kasus ini. Media sosial ini mengaku sedang menyelidiki kasus tersebut.

{Baca juga: Instagram Ungkap Fakta di Balik Kasus “Polling Bunuh Diri”}

“Kami sedang mencari masalah untuk memahami apakah data yang dijelaskan – termasuk email dan nomor telepon – berasal dari Instagram atau dari sumber lain,” kata juru bicara Instagram.

“Kami juga meminta Chtrbox untuk memahami dari mana data ini berasal dan bagaimana data itu tersedia untuk umum,” pungkas media sosial milik Facebook ini. (NM/FHP)

Sumber: Engadget

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here