Gara-gara Apple, 4 Raksasa China Bentuk Konsorsium Layar AMOLED

Telset.id, Jakarta – Tak ingin bergantung pada produsen layar dari Jepang dan Korea, beberapa  vendor smartphone besar China membentuk konsorsium dengan perusahaan pembuat layar Royole. Konsorsium ini dibuat untuk “mengamankan” pasokan layar AMOLED.

Konsorsium ini dibentuk oleh 4 vendor raksasa smartphone asal China, yakni Oppo, Vivo, Huawei, dan BBK. Keempat vendor dalam konsorsium ini akan menyuntikkan dana ke perusahaan pembuat layar OLED, Royole.

Nantinya, keempat vendor tersebut akan bekerja sama dalam produksi layar AMOLED yang fleksibel. Hal ini dilakukan karena para pabrikan smartphone China tak ingin bergantung penuh kepada produsen layar dari Jepang dan Korea Selatan.

[Baca juga: Bos Sharp Konfirmasi iPhone 8 Pakai OLED Display]

Konsorsium China ini dibentuk untuk mengantisipasi minimnya pasokan layar AMOLED, karena Apple diketahui juga akan mulai menggunakan layar OLED untuk smartphone terbarunya iPhone 8 dan generasi iPhone selanjutnya.

Para vendor asal China ini memperkirakan mulai periode tahun 2018 hingga 2020 nanti para pemasok layar asal Jepang dan Korea Selatan, seperti Samsung dan Sony, akan mendapat pesanan layar OLED dalam jumlah besar dari Apple untuk iPhone generasi mendatang.

Jika hal itu terjadi, maka para vendor smartphone asal China akan mengalami kesulitan mendapatkan “jatah” pasokan layar AMOLED, yang akhirnya akan membuat proses produksi smartphone jadi terhambat, dan berpotensi akan mengganggu jadwal peluncuran smartphone yang sudah mereka rencanakan.

[Baca juga: Apple Mulai Uji 10 Model Prototype iPhone 8]

Sementara itu, Royole disebutkan sudah menambah kapasitas produksi layar AMOLED sebanyak 45.000 unit untuk tahun 2017, dan berencana akan menambah lini produksi baru di tahun 2018. Sedangkan BBK dilaporkan telah membuka anak perusahaan yang berdiri sendiri untuk berkonsentrasi pada produksi panel. Perusahaan ini akan menggenjot kapasitas 60.000 unit layar AMOLED untuk tahun 2017 hingga 2019.

Sebelumnya, Apple dikabarkan hanya akan merilis satu varian iPhone 2017 (kemungkinan iPhone 8) yang menggunakan teknologi layar OLED. Apple sendiri disebutkan akan merilis tiga varian, yakni versi iPhone 7 versi regular, iPhone 8s, dan versi khusus ulang tahun ke 10 iPhone yang dijual dalam jumlah terbatas.

[Baca juga: Cuma Ada Satu Varian iPhone 8 Layar OLED]

iPhone dengan layar OLED kemungkinan untuk versi ulang tahun ke-10 iPhone. Tingginya tingkat kesulitan dan masalah pasokan panel kemungkinan menjadi alasan Apple hanya membuat satu varian iPhone dengan layar OLED. Meski Apple dikabarkan sudah memesan 100 juta panel ke Samsung.[HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI