Galaxy S8 Akan Gunakan GPU Bifrost?

Telset.id, Jakarta – Beberapa bulan lalu, ARM mengumumkan Mali-G71, GPU terbaru mereka, yang diperkuat dengan arsitektur Bifrost. GPU tersebut diharapkan akan membawa ARM ke tingkat di mana GPU mereka bisa menawarkan performa setingkat dengan GPU yang ada di laptop, dengan daya lebih rendah.

Sejauh ini, belum ada produsen SoC yang terlihat mengadopsi GPU tersebut, tetapi berdasarkan kabar terbaru yang muncul, hal itu bisa jadi akan segera berubah.

Tetapi rumor terbaru yang beredar mengatakan, Samsung bisa jadi menggunakan GPU Mali-G71 tersebut di SoC yang mereka siapkan untuk Galaxy S8.

SoC ini saat ini banyak disebut sebagai Exynos 8895, dan dikabarkan juga akan mengusung core CPU dengan clock mencapai 3 GHz.

Samsung sendiri memang terlihat cukup gatal dengan performa GPU dari SoC besutan pesaing mereka, Qualcomm. Hal itu membuat mereka mencari solusi GPU yang bisa menawarkan performa lebih baik dibanding Mali-T880 yang mereka gunakan di Exynos 8890.

Selain itu Samsung sempat dilaporkan mendekati AMD dan NVIDIA terkait kemungkinan penggunaan GPU dua raksasa tersebut di SoC mereka. Penggunaan GPU yang lebih baik di Exynos 8895 diharapkan akan mendorong daya tarik SoC tersebut lebih jauh lagi.

GPU Mali-G71 sendiri seharusnya akan memungkinkan Samsung meningkatkan spesifikasi smartphone flagship generasi mendatang mereka, Galaxy S8. ARM menyebutkan bahwa Mali-G71 disiapkan untuk resolusi 4K dan refresh rate 120 Hz, serta mendukung AR, VR, dan mobile gaming AAA. Memanfaatkan kemampuan lebih baik dari Mali-G71, bisa jadi Samsung akan menawarkan layar kualitas tinggi, hingga resolusi 4K. (MS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI