Galaxy ‘Gusur’ Samsung dari Jepang

Samsung dan GalaxyJAKARTA –  Jepang dan Korea Selatan merupakan dua “Macan Asia” yang berhasil menjelma menjadi raksasa dibidang teknologi. Meski terlihat akur, namun hubungan kedua negara ini cukup panas kalau bicara soal teknologi. Imbasnya, nama Samsung pun akan “hilang” dari Jepang. Mengapa?

Hilangnya merek Samsung di Jepang akan dimulai dengan dua flagship Samsung yang baru dirilis, Galaxy S6 dan S6 edge. Duo Galaxy S6 ini akan masuk ke pasar Jepang tanpa ada embel-embel brand Samsung, tapi hanya menggunakan merek Galaxy saja.

Pihak Samsung mengaku penggunaan brand Galaxy karena melihat merek tersebut sudah sangat kuat di Jepang. Namun banyak pihak yang memperkirakan keputusan itu juga didasari oleh perhitungan politik dari kedua negara.

Seperti diketahui, bangsa Jepang dan Korea Selatan memiliki rasa nasionalisme yang tinggi. Kedua negara tersebut bersaing di semua sektor bisnis, termasuk dibidang teknologi. Rasa nasionalisme yang tinggi tadi membuat banyak warga dari kedua negara ini “alergi” untuk memakai produk buatan sang pesaing.

Anda akan sangat jarang melihat orang Jepang yang mau menggunakan produk-produk buatan Korea Selatan, begitupun sebaliknya, warga Korea Selatan akan menolak memakai produk buatan Jepang.

Sentimen nasionalisme dan persaingan bisnis inilah yang diyakini menjadi alasan Samsung untuk menghilangkan ‘merek Samsung’ di Negeri Matahari Terbit tersebut.

Peluang Pasar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI