Fitur-fitur Baru yang Bakal Hadir di iPhone 7

Telset.id, Jakarta – Jika sesuai yang dirumorkan, Apple akan mengumumkan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus pada 7 September besok. Menjelang perilisannya yang tinggal sehari lagi, analis dari KGI Securities, Ming Chi-Kuo memberikan prediksi tentang fitur-fitur baru yang akan dibawa iPhone 7.

Ming Chi-Kuo bukan nama baru bagi Apple. Analis dari KGI Securities ini sudah sering memberikan informasi akurat seputar produk-produk Apple. Kali ini menjelang peluncuran iPhone, Ming Chi-Kuo kembali membeberkan sejumlah fitur baru yang akan diusung generasi terbaru iPhone itu.

Sebenarnya informasi yang diberikan ini memang bukan informasi baru, karena sebelumnya rumornya juga sudah pernah beredar di media. Namun akan menjadi menarik jika informasi-informasi tersebut digabungkan dengan informasi lain yang dihimpun oleh fansite Apple populer seperti Apple Insider, MarRumors dan 9to5Mac.

Meski hanya merupakan prediksi, tapi apa yang disampaikan Ming Chi-Kuo ini patut untuk Anda simak sebagai referensi menjelang peluncuran iPhone 7 besok. Berikut rangkuman prediksi fitur-fitur di iPhone 7 menurut  Ming Chi-Kuo:

  • Apple dikabarkan akan menyiapkan 5 varian warna untuk iPhone 7, yakni rose gold, gold dan silver seperti iPhone 6s saat ini masih akan dipertahankan. Namun warna space gray yang sempat dikabarkan bakal diganti dengan warna ‘dark black’ dan ‘piano black’ yang dipoles dengan lapisan glossy. Kuo mengatakan kalau model piano black ini akan hadir terbatas, dimana Apple akan memprioritaskan untuk varian dengan memori internal berkapasitas tertinggi lebih dulu.
  • Model termurah iPhone 7 akan memiliki kapasitas memori terendah 16GB, sedangkan model menengah dengan kapasitas 128GB, dan model termahal berkapasitas 256GB.
  • iPhone 7 Plus akan gunakan 3GB RAM, dimana tambahan ini khusus disiapkan untuk mengoptimalkan pemakaian sistem kamera ganda. Sedangkan untuk iPhone 7 standar masih tetap dengan 2GB RAM.
  • Sistem kamera ganda di iPhone 7 Plus akan terdiri atas gabungan kamera wide-angle dan telephoto, dimana kedua kameranya menggunakan sensor 12MP. Dengan kombinasi ini, pengguna dapat mendapatkan fungsi seperti optical-zoom yang mirip aslinya, juga fitur pengaturan ulang fokus bahkan setelah memotret foto, mirip seperti Lytro.
  • iPhone 7 & iPhone 7 Plus akan memiliki dukungan fitur kedap air IPx7 sekelas Apple Watch. Meski begitu, masih belum jelas apakah Apple benar-benar membuat iPhone baru ini memiliki kemampuan direndam dalam air. Laporan tentang rencana dihilangkannya tombol home di iPhone 7 merupakan alasan penggunaan teknologi kedap-air.
  • Tidak ada audio jack 3,5mm, jadi Apple akan menyertakan konektor khusus untuk menghubungkan EarPod dengan port Lightning. Untuk menggantikan lubang audio jack 3,5mm, Apple akan menggunakannya untuk mengoptimalkan pengoperasian 3D Touch.
  • Prosesor A10 akan memiliki kecepatan 2,4 GHz atau 2,45GHz, yang berarti merupakan lompatan besar dari prosesor A9 yang berkecepatan 1,85GHz. Prosesor A10 tetap diproduksi oleh TSMC.
  • Layar iPhone akan memiliki gamut warna yang lebih luas atau setara dengan iPad Pro 9,7 inci, untuk mendukung kemampuan hasil jepretan kamera baru yang dipakai iPhone. Masih belum jelas apakah Apple akan menggunakan teknologi True Tone di iPad Pro, yang memang dirancang agar ideal dengan temperatur pencahayaan ambient di
  • Masih terkait dengan True Tone, kamera utama di iPhone akan menggunakan empat LED flash sekaligus, dimana dua di antaranya memiliki karakter hangat, sementara dua sisanya lebih ke dingin.
  • Receiver earpiece memiliki kemampuan setara dengan sebuah speaker independen, dan mampu menghadirkan suara stereo saat dipegang dalam posisi landscape.
  • Sensor proximity akan beralih menggunakan teknologi laser.
  • Khusus untuk pasar Jepang, Apple akan memberikan dukungan FeliCa NFC.
SourceThe Verge

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI