telset

OVO Pimpin Pasar Dompet Digital, Kalahkan GoPay dkk

Telset.id, Jakarta – Aplikasi dompet digital OVO memimpin pasar dompet digital di Indonesia. Menurut hasil survei dari perusahaan riset Kadence International, OVO berada di posisi pertama terkait presentase pengguna aktif dan kategori lainnya.

Dilansir Telset dari Tech in Asia pada Rabu (8/9/2021), Kadence melakukan survei terhadap 1000 responden terkait penggunaan aplikasi dompet digital untuk kategori kesadaran merek, pengguna aktif, aplikasi yang sering digunakan dan lain sebagainya.

Survei dilakukan sekitar bulan Juli 2021, di 6 wilayah yaitu Medan, Palembang, Bandung Jabodetabek, Surabaya, dan Makassar. Hasilnya aplikasi dompet digital OVO berhasil menjuarai kategori kesadaran merek hingga pengguna aktif.

Untuk kategori kesadaran merek, OVO meraih presentase tertinggi sebesar 96%. OVO mengalahkan keempat aplikasi dompet digital lainnya seperti GoPay 95%, DANA 93%, ShopeePay 81%, dan LinkAja 75%.

Baca juga: Cara Beli Paket Internet dan Pulsa di Aplikasi OVO

Di kategori pengguna aktif, hasilnya juga sama. OVO kembali merebut posisi pertama dengan presentase 71%. Di bawah OVO, ada GoPay dengan 64%, ShopeePay 57%, DANA, 46% dan LinkAja 22%.

Kategori ketiga adalah aplikasi yang banyak digunakan. OVO menduduki peringkat pertama dengan presentase mencapai 31%. OVO kembali mengalahkan GoPay yang meraih presentase 25%, lalu ShopeePay 20%, DANA 19% dan LinkAja 4%.

OVO Dompet Digital
OVO menjadi juara dalam persaingan aplikasi dompet digital di Indonesia menurut survei Kadence International (sumber: Kadence International)

OVO untuk Beli Makanan, ShopeePay Cari Promo

Hasil survei juga mencatat terkait alasan penggunaan aplikasi dompet digital untuk kebutuhan sehari-hari. Hasilnya OVO paling populer dengan presentase 71%, untuk pemesanan makanan atau produk secara online.

Kemudian untuk LinkAja menjadi aplikasi yang banyak digunakan untuk mentransfer uang ke bank dengan presentase 73%, disusul oleh GoPay sebesar 68%, OVO 71%, DANA 64%, ShopeePay 51%.

Sementara itu, banyak orang yang menggunakan ShopeePay untuk mencari cashback dan promo, sehingga ShopeePay paling populer untuk kategori ini dengan presentase 78%.

OVO Dompet Digital 2
OVO banyak digunakan untuk belanja online, ShopeePay populer untuk cari cashback (Sumber: Kadence International).

Terakhir untuk tren pengguna berdasarkan wilayah, OVO ternyata banyak digunakan di Medan karena presentase pengguna disana mencapai 49%.

Baca juga: Update DANA v2.0 Bawa Ragam Fitur Baru dan UI Lebih Baik

Aplikasi lain yang juga banyak digunakan di wilayah tertentu, adalah DANA. Dompet digital yang identik dengan warna biru ini banyak digunakan di Makassar dengan presentase pengguna mencapai 50%.

OVO Dompet Digital

OVO Jadi Favorit di MedanData ini sendiri diambil beberapa bulan lalu, jadi bisa saja berubah di bulan-bulan berikutnya. Apalagi industri fintech semakin dinamis dan masing-masing aplikasi menghasilkan layanan-layanan terbaru. [NM/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0