DANA Dukung Digitalisasi Pelaku UMKM di Kota Samarinda

Telset.id, Jakarta – DANA berusaha mengakselerasi literasi dan inklusi keuangan Indonesia, melalui kolaborasi dengan banyak pihak. Komitmen ini terus digulirkan DANA melalui kerja sama dengan Pemerintah Kota Samarinda demi mendukung digitalisasi pelaku UMKM di kota tersebut.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima pada Jumat (06/10/2023), kolaborasi keduanya diwujudkan melalui penandatanganan kerja sama dua belah pihak terkait Pemanfaatan Fasilitas dan Layanan Dompet Digital di Kota Samarinda.

Penandatanganan Kesepakatan Bersama antara Pemerintah Kota Samarinda dengan DANA dilakukan oleh Hero Mardanus Satyawan selaku Sekretaris Daerah Kota Samarinda dan Agustina Samara yakni Chief People & Corporate Strategy DANA Indonesia.

Kesepakatan tersebut mencakup berbagai inisiatif yang akan dilakukan DANA untuk turut andil dalam mewujudkan visi Pemerintah Kota Samarinda dalam menciptakan 10.000 UMKM dan menyongsong keberadaan Ibu Kota Nusantara (IKN).

BACA JUGA:

Bentuknya melalui digitalisasi dan sosialisasi UMKM mengenai literasi keuangan lewat program DANA Academy serta peningkatan pelayanan melalui digitalisasi pembayaran fasilitas publik.

“DANA berkomitmen untuk menghadirkan satu solusi terintegrasi untuk berbagai kebutuhan agar mampu mendorong kemudahan bertransaksi secara digital dalam kehidupan masyarakat sehari-hari dan mampu berkontribusi aktif dalam pembangunan ekonomi,” ujar Agustina Samara.

Usai penandatanganan kerja sama, DANA juga menggelar pelatihan dan pendampingan bisnis untuk UMKM dan pelaku ekonomi kreatif di Kota Samarinda lewat program DANA Academy. Pelatihan yang didukung oleh Dinas Koperasi dan UKM Kota Samarinda, Dinas Perdagangan Kota Samarinda, serta Bank Indonesia KPw Kalimantan Timur.

Workshop UMKM Kota Samarinda akan berfokus pada beberapa materi, mulai dari pengelolaan keuangan, pengenalan manfaat adopsi QRIS, hingga pemasaran melalui kemasan produk yang atraktif.

“Kami juga mendukung langkah DANA dalam melakukan upaya perluasan UMKM Go Digital dengan melakukan pendampingan agar para pelaku usaha ini dapat meningkatkatkan kapasitas secara inklusif dan berkelanjutan,” kata Hero Mardanus Satyawan.

Di samping kesepakatan bersama, upaya DANA untuk senantiasa memberikan edukasi yang berkelanjutan lewat program DANA Academy telah berjalan di delapan kota di Indonesia dan akan terus memperluas ekosistem DANA Bisnis ke berbagai wilayah lainnya.

BACA JUGA:

Lewat konsistensi tersebut, DANA berharap kompetensi UMKM akan terus meningkat dan transformasi UMKM ke dalam ekosistem ekonomi digital, dapat membawa perubahan yang signifikan untuk kesuksesan masing-masing daerah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI