Facebook Siapkan ‘Marketplace’ untuk Lapak Jual Beli

Telset.id, Jakarta – Facebook kini tak hanya digunakan sebagai jejaring sosial antar teman, tapi juga banyak dimanfaarkan sebagai media jual beli. Melihat tren itu, Facebook kabarnya akan menyediakan “lapak” bagi para penggunanya lewat fitur baru bernama Marketplace.

Dalam beberapa tahun terakhir, semakin banyak orang yang memanfaatkan Facebook untuk mempromosikan produk, dan juga melakukan transaksi jual beli barang. Aktifitas ini dimulai pada Facebook Groups dan telah tumbuh secara substansial dalam beberapa tahun terakhir.

Disebutkan, bahwa ada lebih dari 450 juta orang yang mengunjungi, membeli dan menjual produk lewat Facebook Groups setiap bulannya. Melihat hal itu, Facebook tentunya ingin memonetise peluang tersebut.

Sesuai namanya, Marketplace akan memungkinkan pengguna Facebook bisa mencari, membeli, dan menjual barang di komunitas mereka. Dengan fitur baru ini, pengguna bisa mencari apa yang dibutuhkan dan menjual kebutuhan pengguna lainnya.

Untuk menggunakan Marketplace, pengguna hanya perlu mengetuk ikon di bagian dasar aplikasi Facebook, dan selanjutnya bisa memulai proses browsing barang yang diperjualbelikan oleh pengguna lainnya.

[Baca juga: Belum Bisa Download Messenger Lite? Ini Solusinya]

Facebook akan menampilkan barang-barang berdasarkan tempat yang paling dekat dengan lokasi user, agar lebih memudahkan pengguna. Selain itu, pengguna juga dapat memilah produk berdasarkan kategori, seperti Household, Electronics, dan Apparel.

facebook-fitur-marketplace-2

Setiap item barang akan dilengkapi dengan detil informasi mengenai produk dan penjualnya. Misalkan belum memutuskan untuk membelinya saat itu, pengguna dapat menyimpan untuk dibeli lain waktu.

Jika sudah menemukan barang yang ingin dibeli, pengguna tinggal mengirimkan pesan kepada penjual lewat aplikasi dan tunggu balasannya. Sayangnya, saat ini Marketplace masih belum memberikan fasilitas untuk pembayaran atau pengiriman barang.

Lantas bagaimana caranya jika Anda ingin menjual barang? Caranya sangat mudah, karena Anda hanya tinggal foto saja produk yang ingin dijual, masukkan namanya, tambahkan deskripsi dan harga, berikan keterangan lengkap mengenai lokasi tempat tinggal, dan berikan pilihan kategori untuk barang yang dijual tersebut.

[Baca Juga: Kurangi Konsumsi Data Seluler, Facebook Luncurkan Messenger Lite]

Untuk saat ini, baru ada empat negara yang bisa menggunakan layanan ini, yaitu Australia, Selandia Baru, Inggris Raya, dan Amerika Serikat. Marketplace nantinya akan diluncurkan di Android dan iOS dengan beberapa pilihan, dan akan terus ditambah fitur-fitur baru yang menarik ke depannya.

Tak hanya dalam versi mobile, Facebook juga nantinya akan merilis fitur ini untuk versi desktop dalam beberapa bulan ke depan. Selain itu, Facebook tentu saja akan meluncurkan Marketplace ke lebih banyak negara, termasuk Indonesia tentunya. [HBS]

 

SourceFacebook

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI