telset
spot_img

Facebook Klaim Punya 1,19 Miliar Pengguna Aktif

Facebook-IPO-ilustrasi
Ilustrasi

Jakarta – Facebook masih kokoh sebagai penguasa ranah jejaring sosial. Dalam laporan kuangannya di kuartal ketiga 2013, Facebook mencatat telah memiliki 1,19 miliar pengguna aktif.

Situs pertemanan yang didirikan Mark Zuckerberg dkk ini tak tergoyahkan, meski kini telah muncul banyak jejaring sosial baru yang cukup potensial mengganggu hegemoninya. Facebook malah kini semakin jauh meninggalkan para rivalnya.

Bagaimana tidak, hingga akhir September lalu, pengguna aktif bulanan Facebook tercatat telah menembus angka 1,19 miliar akun. Dimana lebih dari setengahnya, atau sekitar 874 juta pengguna mengakses Facebook dari perangkat mobile (smartphone dan tablet).

Facebook juga mengungkap, bahwa rata-rata per hari ada 728 pengguna aktif yang mengakses Facebook, dan dari jumlah tersebut, 507 juta pengguna di antaranya mengakses menggunakan ponsel dan tablet.

Ini artinya, seperti dilansir Bloomberg, Kamis (31/10), pertumbuhan pengguna Facebook di kuartal tiga tahun ini sebesar 18% untuk pengguna aktif bulanan, 25% untuk pengguna aktif harian, dan 45% pengguna mobile aktif bulanan.

Pengakses Facebook sebagian besar menggunakan perangkat mobile, yakni tercatat sebanyak 73,44% dari total pengguna. Tahun 2014 mendatang, jumlah pengakses Facebook melalui perangkat mobile diprediksi akan mencapai 80% dari total pengguna.

Pencapaian Facebook yang berhasil meraup pengguna mobile ini bisa dibilang sebagai sebuah prestasi luar biasa, karena Facebook awalnya dikembangkan sebagai jejaring sosial dengan berbasis desktop.

Keberhasilan Facebook yang meraup banyak pengguna aktif juga berbanding lurus dengan ‘isi kantong’ perusahaan tersebut. Dari hasil laporan keuangan kuartal ketiga, tercatat laba bersih Facebook naik ke angka USD 425 juta dari merugi sebesar USD59 juta, dibanding periode yang sama tahun 2012 lalu.

Keuntungan perusahaan juga terdongkrak naik hampir dua kali lipat, yakni sebesar USD 621 juta dari USD 311 juta dibanding periode yang sama tahun 2012 lalu. Revenue Facebook juga naik sebesar 60% menjadi USD 2,02 miliar, dari sebelumnya USD 1,26 miliar.

Lumbung pendapatan terbesar Facebook masih tetap dari iklan, yakni tercatat total sebesar USD 1,8 miliar mengalir ke kas Facebook pada kuartal ketiga 2013 ini.[HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0