Extramarks Pecahkan Rekor Dunia Gapura Garuda Pancasila

Telset.id, Jakarta – Gapura setinggi 17 meter yang beberapa waktu lalu dibangun Extramarks Education Indonesia di pelataran Taman Mini Indpnesia Indah berhasil memecahkan rekor dunia baru.

Gapura Garuda Pancasila ini dibangun untuk memeriahkan HUT RI ke-74 yang tahun ini mengangkat tema “SDM Unggul Indonesia Maju”.

Tema ini, diakui Country Manager Extramarks Indonesia, Fernando Uffie, sejalan dengan tujuan perusahaan yang ingin membangun SDM unggul melalui pemerataan dan peningkatan kualitas pendidikan.

“Untuk itu, kami menggagas pembangunan Gapura Garuda Pancasila setinggi 17 meter, sebagai pengingat sekaligus penyemangat kami dalam mewujudkan tujuan tersebut,” katanya dalam keterangan resmi yang diterima tim Telset.id, Kamis (22/8/2019).

Menurut Senior Manager Museum Rekor Indonesia (MURI), Awan Raharjo, replika Garuda Pancasila yang dipersembahkan oleh Extramarks ini telah memenuhi syarat kriteria MURI untuk mencatatkan rekor dunia.

{Baca juga: Meriahkan HUT ke-74 RI, Extramarks Bangun Gapura Setinggi 17 Meter}

“Gapura raksasa ini tidak hanya tercatat sebagai rekor Indonesia, melainkan menjadi rekor dunia baru. Filosofinya juga kuat, dimana pembuatannya memakan waktu selama delapan hari, dan dikerjakan oleh 45 orang seniman terbaik Indonesia serta dirangkai dengan menggunakan kacang goreng sebanyak 1,5 ton,” kata Awan.

Sekedar informasi, Gapura Garuda Pancasila ini tersusun dari bahan baku kacang dan dikembangkan dalam 8 hari oleh 45 seniman dengan berbagai latar belakang budaya.

Angka-angka ini terhubung dengan 17 Agustus 1945 (17 – 8 – 1945), Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Sementara bahan kacang digunakan sebagai pengingat akan filosofi kacang jangan lupa kulit.

“Replika Garuda Pancasila ini terbuat dari kacang yang kami yakini secara simbolis, maknanya adalah untuk mengingatkan kita semua, khususnya para siswa untuk tidak seperti kacang yang lupa kulit. Harapannya, SDM unggul yang terbentuk nanti, tidak lupa untuk turut ambil bagian dalam membangun Indonesia,” jelas Uffie.

{Baca juga: ‘Beasiswa Kelas Pintar’, Cara Extramarks Tingkatkan Kemampuan Siswa}

Ada dua penghargaan yang diterima Extramarks Indonesia terkait gapura raksasa yang dibangunnya. Pertama diberikan kepada ‘Extramarks Indobnesia sebagai Pendukung atas Rekor Replika Gapura Garuda Pancasila Terbesar.’

Kedua, diberikan pada ‘Fernando Uffie sebagai Penggagas atas Rekor Replika Gapura Garuda Pancasila Terbesar’.

Penghargaan serupa juga diberikan kepada pihak TMII sebagai Pendukungdan Drs. Suprayogi sebagai Pembuat atas Rekor Replika Gapura Garuda Pancasila Terbesar.

 

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI