Dymka, Kucing Rusia dengan Kaki Berbahan Titanium [VIDEO]

Kucing kaki titanium

Telset.id, Jakarta – Seekor kucing betina di Rusia bernama Dymka memiliki kaki berbahan dasar titanium. Kucing ini diberi kesempatan hidup untuk kedua kali, setelah dokter hewan melakukan operasi untuk mengganti kaki depan dan kaki belakangnya dengan prostetik cetak 3D dari titanium.

Seperti dilansir New York Post, dokter hewan bernama Sergei Gorshkov bekerja sama dengan para peneliti dari Universitas Politeknik Tomsk di Tomsk, Rusia, menciptakan kaki titanium yang menyatu dengan tulang kaki kucing.

“Dymka adalah kucing kedua di dunia dengan prostesis untuk empat anggota tubuhnya. Cakar depan dan belakangnya memiliki model individual yang dicetak menggunakan titanium di printer 3D,” tulis Universitas Politeknik Tomsk.

{Baca juga: Bikin Daftar Lagu untuk Hewan Kesayangan via Spotify, Bisa!}

Untuk mengurangi risiko penolakan implan oleh tubuh kucing, para ilmuwan menerapkan lapisan kalsium fosfat mikroaktif melalui oksidasi busur mikro. Bagian luarnya kemudian dicetak di printer 3D, dan dibuat berbentuk kaki kucing.

Dymka merupakan kucing berusia empat tahun yang diselamatkan setelah ditemukan pada Desember 2018 di sebuah jalan di Siberia. Dikutip Telset.id, Rabu (05/02/2020), kucing ini menderita radang dingin ekstrem, yang mengakibatkan ia kehilangan keempat kakinya, telinga, dan ekor.

{Baca juga: MarsCat, Robot Kucing Bionik Pertama di Dunia}

Operasi kucing Dymka dilakukan dalam dua bagian. Dymka menerima implan kaki depan pada Juli 2019 dan implan kaki belakang pada Desember 2019 lalu. Kedua operasi ini berjalan dengan sukses, dan sekarang Dymka bisa menjalani kehidupan normal kembali.

Kucing tersebut dapat berjalan, berlari, bermain, dan menaiki anak tangga. Sebuah video telah diposting ke YouTube yang merinci perjalanan sang kucing malang. (SN/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here