Duh! Facebook Pakai Nomor Ponsel untuk Pancing Iklan

Telset.id, Jakarta – Facebook ternyata menggunakan nomor telepon pengguna untuk memancing pengiklan. Nomor telepon pengguna juga dipakai Facebook untuk otentifikasi dua faktor. Facebook telah mengakui tindakannya itu.

Dilansir Phone Arena, Jumat (28/9/2018), otentifikasi dua faktor dimaksudkan untuk meningkatkan keamanan dengan mengharuskan pengguna melakukan langkah kedua, seperti memasukkan kode yang dikirim melalui pesan teks.

Daftar kontak pengguna yang diunggah ke Facebook bisa ditambang untuk mendapatkan segala hal berkaitan informasi pribadi.

Dengan kata lain, pengguna bisa secara tidak sengaja atau tak sadar “membantu” pengiklan menargetkan teman-temannya.

Baca juga: Facebook Mulai Uji Coba “Fitur Kencan” Pesaing Tinder

“Yang paling mengkhawatirkan, kami menemukan bahwa nomor telepon yang diunggah di Facebook merupakan bagian dari sinkronisasi kontak,” kata para peneliti universitas di Amerika Serikat dalam studi yang dipublikasikan.

“Kami menggunakan informasi yang diberikan oleh orang-orang untuk menawarkan pengalaman lebih baik dan lebih dipersonalisasi di Facebook, termasuk iklan,” jelas jurubicara Facebook menanggapi penyelidikan soal studi tersebut.

Facebook bergulat dengan krisis terburuk dalam sejarah eksistensinya di ranah dunia maya. Facebook dituding tidak menjaga informasi yang dibagikan oleh para pengguna. Semuanya terkuak saat Facebook menyalahgunakan data 87 juta pengguna.

Baca juga: Pengguna Bisa Laporkan Iklan Bermasalah di Facebook

Sejak saat itu, Facebook menjadi pesakitan. Facebook harus menghadapi berbagai sidang di berbagai negara, termasuk Indonesia. Facebook dituntut mempertanggungjawabkan perbuatannya menjual data pengguna ke Cambridge Analytica. [SN/HBS]

Sumber: PhoneArena

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0