Dell XPS 13, Inikah Laptop 13 Inci Terkecil di Dunia?

dell-xps 13JAKARTA – Sebagian dari Anda mungkin bertanya-tanya, akan seperti apa tampilan laptop di masa depan? Well, tentu kita akan masih mengharapkan sesuatu yang sangat ringan, tipis, dan dengan ketahanan baterai super mumpuni seperti halnya tablet dan smartphone. Tidak ketinggalan, tampilannya harus menawan dengan layar yang juga lebih lebar, misalnya 13 inci.

Seperti dikutip dari The Verge, Sabtu (14/02/2015), Dell XPS 13 yang baru sepertinya memenuhi semua standar tampilan tersebut dan layak menjadi perwakilan model laptop masa depan. Laptop ini memiliki layar 13 inci tapi dengan ukuran tipikal layar 11 inci. Dell mengklaim, laptop ini merupakan laptop 13 inci terkecil di dunia. Dan bahkan lebih kecil dibandingkan MacBook Air 13 inci dan komputer 13 inci lainnya.

Untuk harga jual sendiri, laptop ini dikabarkan akan dibanderol dengan harga mulai USD 799 atau sekitar Rp 9 juta dan datang dengan dua konfigurasi model. Yang pertama, standar tanpa layar sentuh dengan layar 1080p. Yang kedua, dengan layar sentuh dan panel 3200×1800 piksel.

dell-xps 13 (1)

Kedua model ini hadir dengan “infinity display” ala Dell, yakni layar dengan tepian kecil di sekelilingnya, sehingga Dell bisa memberikan layar lebar di paket yang kecil. Desainnya dari alumunium, sehingga tidak terlihat seperti contekan MacBook Air.

Laptop ini memiliki tebal 9 mm dengan berat 1,27 kg. Sayangnya, sebagai model laptop masa depan, Dell lupa menyisipkan kamera di tengah, sebaliknya malah diletakkan di pojok kiri. Dell XPS 13 benar-benar komputer, bukan yang dibuang-buang bagiannya untuk mendapatkan bentuk slim. Sebab laptop ini memiliki dua slot USB 3.0, full size slot SD Card, serta mini Display Port.

Di bawah keyboardnya yang nyaman dengan lampu LED untuk memeriksa baterai tanpa menghidupkan komputer, ada sebuah prosesor Core i5, lengkap dengan RAM 8GB (versi dasar hadir dengan RAM 4GB dan prosesor Core i3), dan speaker yang mumpuni. Kalaupun ada satu hal yang disayangkan, maka itu adalah ketiadaan port HDMI. [AI/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI