Dampak Covid-19, Trafik Traveloka dkk Turun Drastis

Dampak Covid-19

Telset.id, Jakarta – Pandemi Covid-19 atau virus corona memberikan dampak kepada perusahaan teknologi penyedia tiket dan hotel online seperti Traveloka, Tiket.com, dan Pegipegi. Data terbaru mengungkapkan, situs-situs tersebut mengalami penurunan trafik lebih dari 70%.

Baru-baru ini, situs asuransi Lifepal merilis hasil riset mengenai dampak Covid-19 terhadap penyedia tiket dan hotel online seperti Traveloka, Tiket.com, sampai Pegipegi.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima Telset.id pada Jumat (15/05/2020), trafik dari Traveloka, Tiket.com. dan Pegipegi mengalami penurunan drastis.

Dalam laporannya, Lifepal mengatakan bahwa sejak bulan Januari 2020 hingga April 2020, trafik ketiga platform tersebut turun lebih dari 70% dari yang awalnya 37,4 juta kunjungan per bulan menjadi 11,1 juta kunjungan saja.

{Baca juga: Masyarakat Dilarang Mudik, Trafik Internet Smartfren Langsung Naik}

“Tren ini dikhawatirkan masih akan terus menurun dengan pembatasan mudik oleh pemerintah,” jelas Lifepal.

Dampak Covid-19

Berbeda dengan situs penyedia tiket dan hotel online, situs e-commerce justru bergerak fluktuatif. Trafik tertinggi terjadi pada Desember 2019 sekitar 258,9 juta kunjungan. Sedangkan angka terendah terjadi pada Februari 2020 dengan 210,8 juta kunjungan.

Sementara di bulan April 2020, kunjungan trafik di situs belanja online adalah 326,1 juta kunjungan. Trafik ini berdasarkan riset dari 5 situs belanja online, yakni Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada dan Blibli.

“Trafik di bulan April tidak lebih tinggi dari trafik total mereka di bulan Desember yang mencapai 258 juta kunjungan,” jelas Lifepal.

Dampak Covid-19

180 derajat dibanding penyedia tiket dan hotel online, trafik untuk aplikasi kesehatan justru naik signifikan. Dalam laporannya, aplikasi seperti Alodokter, DokterSehat, KlikDokter, Halodoc, HalloSehat, dan SehatQ mengalami kenaikan trafik.

Traveloka Turun

Kenaikan tertinggi terjadi pada bulan Maret 2020 dengan 141,2 juta kunjungan sehari. Walaupun pada bulan April 2020 turun menjadi 126,3 juta kunjungan, namun angka tersebut cukup besar jika dibandingkan trafik tahun 2019 lalu.

{Baca juga: Strategi Telkomsel Hadapi Lonjakan Trafik Internet Saat Lebaran}

“Puncak kunjungan terlihat pada bulan Maret, tepat pada saat ditemukannya kasus positif Covid-19 pertama di Indonesia. Total traffic ke lima situs tersebut mencapai 141 juta kunjungan, atau melonjak 19% dari bulan sebelumnya,” tutup Lifepal. (NM/MF)

1 KOMENTAR

  1. halo bro pada lagi gabut mendingan join dan gabung di https://enakmain.com/ banyak game yang menarik ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here