telset

Cuitan di Twitter Bisa Dicari di Google Search

Tweet di Google SearchJAKARTA – Twitter dan Google menjalin kerja sama baru, yakni update di Twitter kini bisa dicari secara online melalui Google Search. Kerja sama ini belum dipublikasi dan akan berlaku di semester I tahun ini. Pencarian di Google Search tersebut bisa berlaku sesaat setelah pengguna Twitter melakukan update Tweet-nya.

Kerja sama ini merupakan upaya Twitter di bawah CEO Dick Costolo, agar tweet pengguna Twitter bisa terlihat oleh non-pengguna dan diharapkan meningkatkan lebih banyak pendapatan iklan dari pemirsa yang lebih besar.

Twitter juga menyediakan data ke alat pencarian Bing dari Microsoft Corp dan Yahoo! Inc. Targetnya sama, yakni menarik perhatian lebih banyak orang ke Twitter seiring dengan lambatnya pertumbuhan pengguna situs ini.

Menurut nara sumber yang dipercaya, para insinyur dari Twitter dan Google sedang mengerjakan detil teknis kerja sama ini. Dua perusahaan ini memiliki kerja sama serupa sejak 2009-2011.

Sebelumnya, seperti dikutip dari Bloomberg, Kamis (5/2/2015), Ali Rowghani, mantan COO Twitter, menolak kerja sama ini dengan alasan agar Twitter lebih memiliki kontrol di kontennya.

Kerja sama ini menimbulkan sebuah peluang unik. Twitter bisa menerima pendapatan dari linsensi data ke Google. Di kuartal III tahun lalu, pendapatan Twitter dari lisensi data ini senilai USD 41 juta, atau naik US$ 16 juta dibanding periode sama tahun sebelumnya.

Twitter belakangan cukup aktif menjalin kerjasama dengan perusahaan lain. Pada minggu ini juga Twitter mengumumkan kerja sama iklan dengan Flipboard Inc, aplikasi mobile untuk berita, serta Yahoo Japan Corp. [AI/HBS]

 

SourceBloomberg

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0