“Cinta”, Personal Intelligent Banking Pertama di Indonesia

Telset.id, Jakarta – BJtech meramaikan industri digital Indonesia sebagai platform percakapan (conversation platform) berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence). Salah satu produk yang diperkenalkan BJtech adalah Personal Intelligent Banking, yang diklaim pertama di Indonesia.

Platform yang dikembangkan BJtech memungkinkan pelaku bisnis maupun individu untuk mengembangkan sendiri chatbot mereka pada messaging apps, mobile apps, website, maupun platform populer lainnya.

Didukung oleh machine learning technology, platform BJtech memberi solusi bagi  penggunanya untuk bisa terhubung ke semua orang dalam satu waktu secara bersamaan melalui cara yang paling mudah yakni chatting. Chatbot ini dapat dikelola pengguna tanpa kemampuan bahasa pemograman seperti coding.

“Platform BJtech menawarkan solusi bagi pengguna yang ingin menciptakan dan mengembangkan chatbot sesuai dengan kebutuhan mereka masing-masing,” ujar Diatce G. Harahap, CEO PT Jualan Online Indonesia.

Lebih lanjut Diatce menjelaskan, bagi pelaku bisnis misalnya, chatbot bisa digunakan sebagai marketing channel, customer service support, menyebarkan info produk, pemesanan produk, asisten pribadi, hingga diintegrasikan ke dalam sistem internal perusahaan.

Sementara non-bisnis atau individu bisa belajar mengembangkan produk chatbot mereka sendiri untuk aktivitas percakapan sehari-hari maupun hiburan seperti pengembangan chatbot kuis, hiburan, dan gaming

Salah satu chatbot yang menggunakan AI Conversation Platform buatan BJtech diberi nama “Cinta”. Personal Intelligent Banking berjuluk Cinta ini merupakan kerjasama antara PT Jualan Online Indonesia dengan Bank Negara Indonesia (BNI).

Cinta sebagai Personal Intelligent Banking dapat membantu nasabah dalam mengelola keperluan banking BNI. Mulai dari sharing info, registrasi produk-produk BNI, hingga aktivitas transaksi UnikQu menjadi lebih mudah dan cepat hanya melalui chatting.G

General Manager Electronic Banking Bank BNI, Anang Fauzie mengatakan bahwa pelaku bisnis, khususnya perbankan, terpapar pada berbagai permasalahan, permintaan, dan pertanyaan dari nasabah yang tentunya harus direspon dengan cepat.

“Kami melihat bahwa penggunaan teknologi berbasis kecerdasan buatan dan juga chatting sebagai salah satu metode komunikasi yang paling populer, dapat menjadi solusi bagi kebutuhan perbankan bagi generasi milenial,” ujar Anang Fauzie.

Produk chatbot Cinta kini sudah tersedia pada Facebook Messenger dan Twitter. Selain Cinta, produk chatbot yang sudah terlebih dulu menggunakan AI conversation platform BJtech adalah Bang Joni, yakni teman virtual yang dapat membantu penggunanya dalam. (MS)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI