China Tak Akan Tinggal Diam Lihat Huawei “Dibantai” AS

Huawei

Telset.id, Jakarta  – Embargo AS terhadap Huawei membuat penjualan ke luar negeri pada 2019 seret. Yang terbaru, Amerika akan memblokir pasokan chip ke Huawei. Melihat hal itu, China menegaskan tak akan tinggal diam melihat Huawei “dibantai” AS.

Huawei mengatakan bahwa 2020 akan menjadi tahun yang paling sulit bagi mereka, karena kebijakan embargo perdagangan oleh Amerika Serikat.

{Baca juga: Babak Baru AS vs Huawei: Curi Rahasia Dagang dan Bantu Iran}

Huawei mengeluarkan pernyataan tersebut karena melaporkan pertumbuhan laba tahunan terlemah dalam tiga tahun terakhir. China pun kemungkinan akan membalas kebijakan AS yang membatasi penjualan chip ke Huawei.

Menurut laporan Reuters, seperti dikutip Telset.id, Selasa (31/3/2020), China bakal membatasi penjualan produk-produk AS di China. Sebagai gantinya, China akan beralih ke pemasok alternatif di dalam negeri dan Korea Selatan.

“Pemerintah China tidak akan hanya diam berdiri dan menyaksikan Huawei dibantai di atas ‘talenan’ oleh orang-orang Trump,” kata Ketua Huawei, Eric Xu, kepada wartawan pada peluncuran laporan tahunan Huawei di Beijing, China.

Presiden Donald Trump menuduh pemerintah China dapat menggunakan peralatan Huawei untuk memata-matai. Mendengar tuduhan tersebut, Huawei langsung mengeluarkan bantahan. Huawei mengaku tak punya hubungan dengan China.

Washington menempatkan Huawei dalam daftar hitam pada Mei tahun lalu dengan alasan kekhawatiran keamanan nasional. Trump dan kolega membatasi penjualan barang-barang buatan AS kepada Huawei dan perusahaan lain China.

{Baca juga: Amerika Serikat Setuju Blokir Pasokan Chip ke Huawei}

Sebelumnya, pejabat senior Amerika Serikat (AS) menyetujui aturan baru untuk memutus rantai atau memblokir pasokan chip global ke Huawei. Rahasia tersebut diungkap oleh seorang sumber yang mengetahui masalah internal.

Seperti dikutip Telset.id dari Reuters, Minggu (29/03/2020), di bawah aturan baru, perusahaan asing yang menggunakan peralatan pembuat chip harus mengamankan lisensi sebelum mengirim beberapa pasokan komponen ke Huawei.

Fokus dari peraturan baru itu adalah membatasi penjualan chip yang lebih canggih ke raksasa telekomunikasi China. Semua tahu bahwa Amerika Serikat telah lama menuduh bahwa Huawei punya kedekatan dengan pemerintah China. [SN/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here