CEO Apple: Android Terbesar, Tapi yang Terbaik Apple

Tim Cook, CEO Apple
Tim Cook, CEO Apple

Jakarta – CEO Apple Tim Cook, bicara soal positioning produk Apple yang dibandingkan dengan perangkat Android. Menurutnya, Android memang saat ini merajai pasar smartphone, namun dia berpendapat, perangkat buatan Apple masih yang terbaik.

Cook berdalih, tujuan utama bisnis Apple adalah menghasilkan produk-produk terbaik, bukan sebagai produsen gadget terbesar dari sisi jumlah. Walaupun bukan yang terbesar, namun ia meyakini bahwa perusahaannya masih yang terdepan di bisnis perangkat mobile.

“Android memang yang terbesar dari sisi jumlah, namun bisnis kami bukan hanya soal jumlah yang terbanyak. Karena yang terbanyak belum tentu yang terbaik,” ujar Cook, seperti dikutip telsetNews dari AllThingsD, Senin (3/5).

Dia berpendapat, produk terbaik dari segi kualitas, belum tentu menjadi produk yang paling banyak terjual. Hal inilah yang terjadi pada beberapa perangkat buatan Apple.

“Kami memproduksi PC dan MP3 player terbaik, tapi bukan yang paling banyak terjual. Begitu juga iPhone menjadi produk paling laris, tapi bukan yang terbanyak,” terangnya.

Namun Apple masih bisa berbangga karena masih mengusai pasar tablet. Saat ini, menurutnya, iPad merupakan produk tablet terbaik dan paling banyak terjual. “Di tablet, kami menjadi yang terbaik sekaligus pembuat terbanyak,” pungkasnya.

Hingga kuartal pertama 2013, tablet iPad buatan Apple memang masih yang terbesar dengan menguasai 39,6 persen pangsa tablet global. Namun pangsa pasar iPad ini turun dibandingkan tahun sebelumnya dengan 58,1 persen.

Cook mengungkapkan bahwa keberhasilan iPad karena dapat memberi pengalaman terbaik bagi konsumen. Sehingga iPad disukai dan banyak digunakan.

“Laporan sebuah riset mengungkapkan bahwa transaksi e-commerce yang dilakukan lewat iPad dua kali lebih besar dibandingkan semua perangkat Android digabungkan,” klaim Cook.

“Saya memakai iPad dihampir semua pekerjaan saya yang menggunakan komputer. Hal tersebut tidak pernah saya dengar dari pengguna tablet Android,” tandasnya.

Cook coba memperkuat argumennya dengan mengutip indeks kepuasan konsumen terhadap Apple (ASCI), dimana ditunjukan bahwa iPad dan iPhone menghasilkan angka consumer satisfaction terbesar di kategori masing-masing.

“iPad dan iPhone memiliki tingkat kepuasan konsumen tertinggi di segmen tablet dan ponsel. Kami menginginkan konsumen dari semua segmen. Kami coba menarik semua orang dari segala umur,” imbuhnya.

Cook boleh saja mengklaim produk Apple yang terbaik, karena memang sah-sah saja setiap perusahaan menyatakan produknyalah yang terbaik. Namun Apple tentu saja tidak bisa mengabaikan keberhasilan Android yang telah berhasil menggusur Apple di ranah smartphone.

Seperti diketahui, Android telah begitu mendominasi di ranah smartphone dengan berhasil menguasai 75 persen pangsa pasar hingga kuartal pertama 2013. Sementara Apple berada diposisi kedua dengan market share 17,3 persen.[HBS]

 

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0