Google Play Makin Dekati App Store

ilustrasi Google Play Store vs Apple App Store
ilustrasi Google Play Store vs Apple App Store

Jakarta –  Toko aplikasi Google Play dan Apple App Store terus bersaing ketat soal pendapatan yang diperoleh dari aplikasi mobile. Walaupun masih berada diposisi kedua, namun Google Play telah berhasil memperkecil jarak dengan pesaingnya itu.

Jika di tahun 2012 lalu, perbandingan pendapatan yang diperoleh dari aplikasi mobile antara iOS dan Google mencapai 19 persen dan 81 persen.  Maka di Q1 2013, jarak itu semakin pendek, yakni mencapai 27 persen untuk Google Play dan 73 persen dicapai App Store.

Selisih tersebut memperlihatkan bahwa Google dengan toko aplikasinya berusaha untuk menyeimbangkan porsi dengan toko aplikasi App Store milik Apple.

Dari sejumlah aplikasi yang terhidang, yang paling menarik adalah distribusi WhatsApp Messenger di dua platform tersebut. Di pasar Amerika Serikat pada bulan April, WhatsApp Messenger memberikan pendapatkan kepada Apple sebanyak USD 355 ribu, sedangkan Google Play hanya bisa meraup USD 41 ribu.

Berbeda dengan pasar Eropa dimana WhatsApp Messenger menghasilkan pendapatkan sebanyak USD 290 ribu pada Google Play dan hanya USD 207 ribu di App Store. Sementara di Spanyol, 90 persen aplikasi instant messaging ini di dapat dari Google Play.

Sebaran ini mengajak pengembang aplikasi untuk mempertimbangkan platform yang lebih prioritas untuk memasarkan produknya. Demikian kabar yang telsetNews kutip dari BGR, Senin (3/6).[LKH/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0