Canggih! Peneliti Kembangkan Cat Khusus Pengganti AC

Telset.id, Jakarta  – Para peneliti di Universitas Purdue telah mengembangkan bentuk khusus cat khusus pengganti AC yang diklaim dapat mengurangi suhu permukaan. Menggunakan cat itu, suhu ruangan akan turun.

Biasanya, kita memilik warna untuk mengecat ruangan, rumah, atau bangunan lebih dari sekadar guna mengubah tampilan. Warna juga dapat memengaruhi suasana hati seseorang serta suhu ruangan.

{Baca juga: Kreatif! Wanita Ini Tambal AC Bocor Pakai Popok Bayi}

Warna berbeda menyerap cahaya secara berbeda pula. Beberapa warna menyerap cahaya dalam jumlah lebih banyak daripada warna lain. Karenanya, warna seperti hitam diketahui dapat menahan panas.

Untuk mengurangi kebutuhan pendingin ruangan atau AC, yang dapat menghabiskan banyak listrik serta melepaskan gas produk sampingan ke atmosfer, para peneliti di Universitas Purdue melakukan inovasi.

Dikutip Telset dari Ubergizmo, Rabu (4/11/2020), mereka mengembangkan cat putih khusus yang diklaim dapat mengurangi suhu permukaan sehingga mereplikasi efek lemari es tanpa butuh banyak listrik.

Artinya, menggunakan cat itu untuk membantu mengecat bangunan atau ruangan dapat secara drastis menurunkan suhu, yang pada akhirnya mengurangi kebutuhan kita terhadap peralatan seperti AC.

{Baca juga: Hidup dan Matikan AC Pintar Ini Cukup dengan Suara}

Dengan membantu mendinginkan bangunan, cat tersebut dapat bekerja dengan sistem pemanas maupun pendingin. Apabila bangunan tetap cukup dingin, maka kita tidak perlu menyalakan atau pasang AC.

Sebelumnya para peneliti juga mengembangkan AC cerdas yang memiliki dukungan Alexa, HomeKit, dan Google Assistant. Namun, kehadirannya belum mendapat ulasan bagus dari para pengguna. Lebih-lebih, harganya lumayan mahal untuk ukuran pendingin ruangan rumahan.

Satu-satunya keistimewaan AC pintar itu adalah kemampuannya untuk dikendalikan dari jarak jauh. Untuk menghidupkan maupun mematikan, pengguna bisa melakukannya dari radius sekain kilometer. Hal tersebut cukup membantu jika Anda lupa mematikannya.

 

SourceUbergizmo

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -