Canggih! Thailand Manfaatkan Robot untuk Lawan Corona

Robot Thailand

Telset.id, Jakarta Thailand punya cara canggih untuk mengatasi penyebaran virus Corona atau Covid-19. Thailand menggunakan “robot ninja” yang ditempatkan di rumah sakit untuk meringankan beban petugas medis dan dokter yang berjuang untuk mengekang penyebaran Covid-19.

Robot-robot itu, yang awalnya dibuat untuk memantau pemulihan pasien stroke, telah dirancang ulang guna mengukur demam seseorang. Robot tersebut digunakan di empat rumah sakit.

Menurut laporan New York Post, penggunaan robot ninja oleh Thailand telah mengurangi risiko terinfeksi, dan memungkinkan perawat maupun dokter untuk berbicara dengan pasien Covid-19 via obrolan video.

{Baca juga: RoboPony Laku Keras Selama Wabah Corona di China}

“Dokter dapat berdiri di luar ruangan dan berkomunikasi dengan pasien di dalam melalui robot,” kata Viboon Sangveraphunsiri dari Chulalongkorn University, dikutip Telset.id, Senin (23/3/2020).

Sangveraphunsiri mengatakan kepada AFP bahwa robot model lain sedang dirancang untuk memberikan makanan dan obat-obatan kepada pasien, serta rumah sakit yang didesinfeksi di Thailand.

Sangveraphunsiri dan tim insinyur berencana untuk membangun lebih banyak “robot ninja”. Peruntukannya setidaknya 10 rumah sakit lain di Thailand, terutama di tengah wabah virus Corona.

{Baca juga: Cegah Penyebaran, RS Corona di China Dikelola Robot Perawat}

Thailand memiliki lebih dari 270 kasus Covid-19 dengan hanya satu kematian. Sebagian besar orang yang terinfeksi berhasil sembuh dan sebagian besar hanya memiliki gejala ringan atau sedang.

Namun demikian, beberapa korban, terutama orang-orang dewasa yang lebih tua atau orang-orang dengan masalah kesehatan lain, menderita penyakit serius ketika terserang virus Corona. (SN/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here