telset

Buruan Hapus! Aplikasi Android Ini Bisa Bobol Uang Anda

Telset.id, Jakarta – Bagi Anda pengguna Android, sebaiknya segera menghapus aplikasi ai.type dari perangkat Anda. Pasalnya aplikasi papan ketik tersebut telah disusupi malware, yang bisa membobol uang hingga miliaran rupiah. Kok bisa?

Dilansir Telset.id dari Phone Arena pada Senin (04/11/2019, malware tersebut pertama kali ditemukan oleh perusahaan keamanan internet Upstream Security D. Menurut penelusuran Upstream, aplikasi ai.type dapat merugikan pengguna Android.

{Baca juga: Bahaya! Uninstall Dua Aplikasi Android Populer Ini Segera}

Pasalnya, malware di aplikasi ini bisa melakukan pembelian konten premium secara sepihak atau tanpa izin dari pemilik ponsel.

Caranya, aplikasi ini akan mengirimkan teks verifikasi yang mengkonfirmasi transaksi ke konten premium tanpa diketahui oleh pemilik ponsel. Aplikasi ai.type telah menyebabkan masalah di 13 negara dengan negara yang paling rentan adalah Mesir dan Brasil.

Dari malware tersebut pengguna bisa mengalami kerugian lebih dari USD 18 juta atau Rp 252 miliar.  Beruntung jika Upstream berhasil mencegah 14 juta transaksi mencurigakan dari 110 ribu pengguna ai.type sehingga kerugian tersebut tidak terjadi.

“ai.type berisi perangkat pengembangan perangkat lunak (SDK) dengan tautan yang telah dikodekan ke iklan dan berlangganan pengguna ke layanan premium tanpa persetujuan mereka.

SDK ini menavigasi ke iklan melalui serangkaian pengalihan dan secara otomatis melakukan klik untuk memicu langganan.” tutur Head of Secure Upstream D, Dimitris Maniatis.

Potensi kebocoran data juga bisa terjadi akibat malware ini. Pasalnya, aplikasi papan ketik virtual pada umumnya mampu mengakses pesan teks, foto, video, data kontak sampai akses ke memori penyimpanan pada smartphone.

{Baca juga: Waduh! 1.325 Aplikasi Android Akses Lokasi Pengguna Tanpa Izin}

Aplikasi ai.type ini dikembangkan oleh perusahaan asal Israel yang dinamai ai.typ LTD dan sudah diunduh lebih dari 40 juta kali.

Play Store sendiri sebenarnya sudah menghapus aplikasi tersebut sejak Juli 2019 lalu. Sayang, Upstream menemukan aplikasi ini masih banyak digunakan oleh pengguna. Bagi Anda yang masih menyimpan aplikasi ai.type, lebih baik segera menghapusnya sebelum menyesal di kemudian hari. [NM/HBS]

Sumber: Phone Arena

 

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0