Bahaya! Uninstall Dua Aplikasi Android Populer Ini Segera

Telset.id, Jakarta – Dua aplikasi Android populer telah dihapus dari Google Play Store. Kedua aplikasi itu bernama Sun Pro Beauty Camera dan Funny Sweet Beauty Selfie Camera.

Menurut laporan dari perusahaan keamanan mobile, Wandera, seperti dikutip Telset.id dari ZDNet, Minggu (22/09/2019), kedua aplikasi ini menghasilkan uang lewat iklan pop-up yang mengganggu.

Selain itu, iklan tersebut juga mengambil beberapa sumber daya dan menguras baterai smartphone yang telah memasangnya.

{Baca juga: Oh No! Nonton YouTube di Huawei Mate 30 Cuma via Browser}

“Adware seperti ini merupakan gangguan. Adware juga dapat membunuh produktivitas yang mengarah ke dampak lebih serius bagi bisnis,” jelas Wandera.

“Iklan yang tidak menarik di luar aplikasi mengganggu pengguna di tengah-tengah alur kerja mereka, merusak perangkat, menghabiskan baterai, dan dalam beberapa kasus, perangkat yang terinfeksi harus diganti,” tambahnya.

Parahnya, kedua aplikasi ini telah diunduh lebih dari 1,5 juta kali. Sun Pro Beauty Camera telah diunduh lebih dari 1 juta kali, sementara Funny Sweet Beauty Selfie Camera sudah di-install lebih dari 500 ribu kali.

Wandera mengatakan, ketika aplikasi Sun Pro Beauty Camera di-install, aplikasi akan langsung menampilkan iklan layar penuh, meskipun aplikasi tidak dijalankan. Sedangkan Funny Sweet Beauty Selfie Camera, menayangkan iklan layar penuh setelah pengguna memasangkan filter pada fotonya.

“Adware memungkinkan pembuatnya untuk menghasilkan uang dari perangkat yang terkena dampak, dan sementara itu biasanya dianggap sebagai gangguan daripada ancaman yang parah,” ungkap Wandera.

{Baca juga: Indoxxi XX1 Lite, Aplikasi Nonton Film Streaming Anti Repot}

Perusahaan ini sendiri telah melaporkan temuannya ke Google pada 11 September, dan Google telah menghapusnya dari Play Store.

Meski demikian, ada kemungkinan kalau kedua aplikasi ini masih terpasang di jutaan smartphone Android. Sehingga Wandera menghimbau kepada pengguna yang telah memasangnya untuk segera menghapusnya segera. (FHP)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Realme X50t 5G Siap Debut, Spek Mirip X50m 5G

Telset.id, Jakarta – Realme bisa kami sebut sebagai vendor yang paling aktif meluncurkan produk baru di 2020. Setelah baru...

Redmi Earbuds S Meluncur di India, Cuma “Ganti Nama”

Telset.id, Jakarta – Xiaomi kembali meluncurkan earbuds True Wireless Stereo (TWS) terbarunya di India dengan nama Redmi Earbuds S....

LinkAja Layani Belanja Online di Pasar Tradisional

Telset.id, Jakarta - LinkAja bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menghadirkan layanan belanja online di pasar tradisional. Total ada...

Trafik Data XL Axiata Naik 25% Selama Lebaran 2020

Telset.id, Jakarta - XL Axiata mencatat kenaikan trafik penggunaan layanan data selama lebaran 2020 di tengah pandemi Covid-19 atau...

10 Antivirus Paling Ringan Terbaik untuk PC yang Lemot

Telset.id - Sering kali aplikasi antivirus dianggap sebagai penyebab laptop atau PC menjadi lemot. Hal tersebut karena antivirus berjalan...
- Advertisement -