Terlanjur jadi Korban ai.type? Begini Cara Mengatasinya

ai.type

Telset.id, Jakarta – Aplikasi keyboard ai.type tiba-tiba menarik perhatian sebagian besar pengguna Android. Bukan karena fungsinya, melainkan statusnya yang kini menjadi aplikasi berbahaya. Bagaimana tidak, aplikasi ai.type mengandung malware yang merugikan pengguna.

Menurut perusahaan keamanan yang menemukan malware berbahaya di ai.type, yakni Upstream, kerugian yang disebabkan oleh aplikasi malware ini mencapai miliaran rupiah.

“Aplikasi ini berdampak serius pada kantong konsumen dan menghabiskan data layanan seluler mereka, mengeluarkan biaya yang tidak diinginkan, dan memengaruhi kinerja smartphone mereka,” ujar Guy Krief, CEO Upstream.

{Baca juga: Buruan Hapus! Aplikasi Android Ini Bisa Bobol Uang Anda}

Krief menjelaskan, aplikasi keyboard ini sebenarnya telah berisi software development kit atau SDK berisi tautan yang terhubung langsung ke iklan.

SDK ini akan membuat pengguna menekan serangkaian iklan, sehingga mereka nantinya bisa berlangganan otomatis ke layanan premium tanpa persetujuan mereka. Lantas, bagaimana nasib pengguna yang terlanjur telah mengunduh aplikasi ai.type?

Seperti dikutip dari Pixel Privacy, Senin (04/11/2019), Upstream memberikan beberapa kiat untuk dilakukan. Pertama, pengguna disarankan untuk memerika smartphone mereka jika ditemukan aktivitas aplikasi yang tidak biasa.

{Baca juga: Jahatnya Kemampuan Spyware Pegasus yang Infeksi WhatsApp}

Pengguna juga harus secara teratur mengecek smartphone dan menghapus malware apa pun yang dilaporkan berbahaya. Selanjutnya, pengguna disarankan untuk memeriksa tagihan mereka.

Langkah ini dilakukan untuk memantau apakah ada biaya di luar sepengatahuan mereka, yang dibayarkan untuk mengakses layanan premium.

Kedepannya pengguna pun diimbau agar dapat berhati-hati dalam mengunduh aplikasi ke smartphone-nya. Sehingga mereka bisa lebih waspada, agar kejadian yang sama tidak lagi terulang. {HLM/FHP)

Sumber: Pixel Privacy

Previous articleBuruan Hapus! Aplikasi Android Ini Bisa Bobol Uang Anda
Next articleGedung Putih Tak Dianggap Sebagai Tempat Bersejarah, Google?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here