Bukan Hoax, Taksi Terbang Uber Bakal Mengudara di 2020

Telset.id, Jakarta – Bicara soal mobil terbang, bukan baru sekali atau dua kali saja selentingan mengenai kabar ini beredar. Entah itu yang berasal dari ahlinya pesawat terbang seperti Airbus dan Aeromobil ataupun perusahaan taksi online, Uber yang bersiap menyiapkan taksi terbang Uber.

Sebelumnya telah bereda rumor bahwa Uber bakal menghadirkan taksi terbang. Kini rumor tersebut sepertinya mendekati kenyataan. Meski belum pernah secara resmi mengeluarkan pernyataan, perusahaan ride-sharing ini sepertinya memang tidak main-main dengan rencananya tersebut.

Terbukti dengan tak hanya membiarkan bocoran ilustrasi mobil terbang berlogo perusahaan saja beredar di media sosial, Uber kini bahkan telah menentukan waktu untuk memperkenalkannya.

Ya, kabar ini datang dari Dallas baru-baru ini, dimana dalam sebuah pertemuan yang dilangsungkan selama tiga hari, perusahaan tak hanya mengungkap rencana serta mimpi besarnya untuk membesut mobil terbang, tetapi juga menguji cobanya pada 2020 mendatang. Program ini diberi nama, “Elevate Network”.

Untuk membuat program ini menjadi kenyataan, Uber memilih Dallas-Fort Worth dan Dubai sebagai tempat peluncuran. Walikota Dallas, Mike Rawlings dan walikota Fort Worth, Betsy Price telah sama-sama menyatakan dukungannya untuk menjadikan wilayah metropolitan yang mereka kuasai sebagai yang pertama bereksperimen dengan program percontohan VTOL (vertical take-off and landing) dan Elevate Uber.

Selain itu, Uber juga menjalin kerja sama dengan otoritas jalan dan transportasi Dubai untuk mempelajari permintaan di wilayah tersebut untuk kemudian menentukan harga dan melakukan optimalisasi jaringan.

Perlu dicatat, Dubai juga menjadi tempat dimana Uber akan mengumumkan demonstrasi publik pertama sebagai bagian dari World Expo 2020.

Kemitraan lainnya termasuk dengan ChargePoint, yang akan mengembangkan charger baterai untuk Uber Elevate sehingga kendaraan VTOL dapat dengan cepat ditenagai setelah setiap pendaratan. Uber juga bekerja sama dengan perusahaan real estat lokal untuk mengetahui lokasi mana yang sesuai untuk membangun lokasi pendaratan.

Terakhir, perusahaan ini juga melakukan kesepakatan dengan sejumlah “produsen pesawat terbang berpengalaman” yang sudah lebih dulu mengembangkan kendaraan listrik VTOL. Lima perusahaan tersebut meliputi Aurora Flight Sciences, Pipistrel Aircraft, Embraer, Mooney dan Bell Helicopter.

Kelima perusahaan itu dipilih karena keahliannya yang memungkinkan Uber menerbangkan Elevate dan mengoperasikannya secepat mungkin.[IF/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here