Dibobol Trojan, Kini MacOS Sudah Tak Aman

Telset.id, Jakarta – Jika berbicara mengenai virus dan malware, perangkat yang paling sering terjangkit adalah komputer yang menjalankan sistem operasi windows. Hal ini dikarenakan para peretas melihat potensi yang tinggi jika dibandingkan sistem operasi lain. Tapi jangan salah, karena kini MacOS sudah tak aman juga.

Namun ternyata, seiring perkembangan dunia teknologi, kini para peretas sudah mulai melirik para pengguna macOS besutan Apple. Dilansir dari laman Ubergizmo, para peretas menggunakan malware trojan bernama Mac Dok untuk menyusup kedalam sistem operasi macOS.

Untuk mengelabui para calon korban, para peretas masih menggunakan cara klasik namun efektif, yakni menggunakan cara email phishing. Menurut ahli riset dari Check Point, email ini dirancang sedemikian agar para penggunanya mengunduh file ZIP yang berisi malware tersebut.

Setelah masuk, para peretas kemudian dapat mencegat seluruh aktifitas internet korban dan bahkan meniru situs web tertentu. Setelah para peretas mendapatkan data yang dibutuhkan, seperti nomor kartu kredit dan lainnya, mereka dapat menghapus malware ini dari jarak jauh.

Oleh karena itu, untuk melindungi perangkat komputer Anda, baik yang menggunakan sistem operasi windows, macOS, atau sistem operasi lain, selayaknya Anda lebih berhati-hati dalam mengunduh file dari email Anda.

Selain itu, tetap aktifkan sistem keamanan seperti firewall atau memasang antivirus di perangkat kesayangan Anda agar terlindung dari virus dan malware yang dapat merugikan diri kita. [NC]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here