BRI Gandeng Tencent dan Hi Cloud untuk Perkuat Layanan Digital

Telset.id, Jakarta – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI telah resmi menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Tencent dan Hi Cloud Indonesia pada tanggal 17 April 2024.

Penandatanganan kerja sama ini dilakukan karena BRI berupaya untuk terus memperkuat kapabilitas layanan digitalnya dengan membawa berbagai teknologi terbaru agar penggunanya semakin nyaman menggunakan layanan perbankan miliknya.

Lalu, penandatangan kerja sama ini juga dilakukan oleh Division Head Digital Banking Development and Operations BRI, Kaspar Situmorang bersama dengan Senior Vice President Tencent Cloud International, Poshu Yeung dan Country Manager Hi Cloud Indonesia, Prangki Tua, menurut keterangan resminya.

BACA JUGA:

Sementara itu, Direktur Utama BRI Sunarso menjelaskan bahwa BRI sebagai bank yang memiliki jaringan yang tersebar luas di Indonesia terus berusaha untuk membawa transformasi secara berkelanjutan, yang berfokus pada digital dan kultur.

Bukan sebuah rahasia lagi bahwa saat ini layanan perbankan dilakukan melalui berbagai produk dan layanan keuangan yang bersifat digital. BRI sendiri mengklaim bahwa pihaknya sudah berhasil menjawab kebutuhan transaksi masyarakat secara digital, karena 99% transaksi di BRI sudah dilakukan secara digital.

Kolaborasi antara BRI dengan Tencent dan Hi Cloud ini diharapkan bisa memperkaya use case dan lesson learned untuk mengembangkan kapabilitas digital, khusus untuk memberikan pengalaman perbankan dengan teknologi berkualitas tinggi.

Di sisi lain, Poshu Yeung, Senior Vice President Tencent Cloud International mengungkapkan bahwa perusahaannya memiliki visi bersama untuk memimpin inovasi perbankan di Indonesia.

“Kami akan mengolaborasikan keahlian dan akses ke solusi berkualitas tinggi dan dapat diandalkan, dengan kapabilitas digital dan kekuatan jaringan fisik BRI. Kami berharap dapat membantu memastikan bahwa BRI tetap menjadi yang terdepan dalam inovasi teknologi di lanskap perbankan Indonesia,” ujar Yeung.

BACA JUGA:

Tencent Cloud sendiri akan mendukung dengan memberikan teknologi AI terbarunya, yaitu solusi electronicKnow Your Customer (eKYC) untuk memverifikasi identitas pengguna dari jarak jauh, yang juga bisa mengatasi penipuan identitas. Sedangkan, Hi Cloud Indonesia akan berperan untuk memfasilitas percepatan teknologi antara Tencent Cloud dan BRI.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI