Bos Google Klaim Android Lebih Aman Dibanding iOS

Chairman Google, Eric Schmidt
Chairman Google, Eric Schmidt

Jakarta – Menggunakan sistem open source membuat Android disebutkan menjadi platform yang tidak aman dari serangan malware. Namun, Eric Schmidt, Executive Chairman Google menepis anggapan itu dengan mangatakan Android bahkan lebih aman dari Apple iOS.

Dalam sebuah acara Gartner Symposium/Itxpo, petinggi Google ini berupaya membantah anggapan yang ada selama ini bahwa Android merupakan platform paling tidak aman.

Di saat sesi tanya jawab, David Willis, analis dari Gartner yang juga merupakan kepala penelitian bidang mobilitas dan komunikasi mengatakan kepada Schimidt bahwa jika Anda melakukan survei kepada para audiens yang hadir disini, mereka akan mengatakan Android bukanlah platform utama mereka.

“Ketika Anda mengatakan Android, orang-orang berkata, tunggu sebentar, Android tidak aman,” kata Willis, seperti dikutip telsetNews dari zdnet, Selasa (8/10).

Menanggapi pernyataan tersebut, Schmidt mengatakan pendapat tersebut tidak benar. “Tidak aman? ini (Android) bahkan lebih aman daripada iOS,” ketus pria berusia 58 tahun itu.

Menurutnya, jika Android tak aman, mana mungkin sekarang bisa memiliki pengguna hingga mencapai satu miliar. Schmidt juga menegaskan bahwa platform Android dikembangkan melalui proses pengujian keamanan yang ketat.

Ia mengatakan, bahwa Google terus berupaya meningkatkan keamanan Android, termasuk menambahkan fitur keamanan baru yang dirilis bulan Agustus untuk versi 4.3 Jelly Bean. Selain itu, Google juga telah memberikan penambahan dua fitur baru yang bekerja dengan hampir semua versi Android saat ini.

Schmidt juga menuturkan pendapatnya bahwa kedepannya semua platform memang tidak ada yang aman. “Keamanan akan dibuat berdasarkan tiap-tiap aplikasi untuk masing-masing pengguna,” ucap Schmidt.

Sebagai informasi, dalam laporannya di pada kuartal II 2013, Gartner mencatat OS Android memimpin pasar mobile dengan pangsa pasar 79%.[HBS]

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI