Ini Dia Perbandingan Smartphone Layar Fleksibel Samsung & LG

Galaxy Round, ponsel layar fleksibel Samsung?
Galaxy Round, ponsel layar fleksibel Samsung?

Jakarta – Samsung dan LG kini menjadi dua vendor terdepan yang siap meluncurkan smartphone dengan layar fleksibel. Kedua kompatriot asal Korea Selatan ini beradu balap untuk menjadi yang pertama dan terbaik merilis ponsel dengan layar ditekuk itu.

Sebagai perusahaan yang menguasai teknologi display terbaik di negaranya, aroma persaingan antara Samsung dan LG terus semakin tajam. Saat ini kedua raksasa elektronik tersebut tengah berpacu menjadi yang terbaik dalam memproduksi display fleksibel untuk perangkat mobile.

Sebelumnya LG telah mengkonfirmasi bahwa smartphone dengan layar fleksibel mereka telah diproduksi massal dan akan diluncurkan pada bulan November mendatang.

Tak mau kalah dengan LG, pihak Samsung juga kabarnya telah memulai tahapan produksi massal display OLED fleksibel mereka, dan menurut informasi yang didapat bahwa Samsung akan merilis smartphone layar fleksibel dengan nama Galaxy Round pada minggu ini.

Jika melihat jadwal perilisannya, maka Samsung kemungkinan akan lebih duluan merilis smartphone layar fleksibel-nya dibanding LG. Lantas bagaimana perbandingan spesifikasi yang ditawarkan kedua vendor ini?

Dari berbagai bocoran informasi yang beredar sebelumnya, smartphone layar fleksibel buatan LG akan menggunakan nama LG G Flex atau LG Z dengan layar fleksibel berukuran 6 inci dengan ketebalan hanya 0,44 mm dan berat 7,2 gr.

Untuk dapur pacunya, smartphone layar fleksibel pertama dari LG ini akan menggunakan prosesor Snapdragon 800 dan Adreno 330. Jika melihat spesifikasinya, maka dapat dipastikan LG akan memasukan smartphone ini di segmen premium

Bagaimana dengan Samsung? Raksasa elektronik Korea ini mencoba melakukan “psywar” dengan mengatakan bahwa display OLED fleksibel mereka lebih superior daripada LG.

Samsung menyebutkan, bahwa smartphone layar fleksibel mereka akan berukuran 5,7 inci dengan ketebalan hanya 0,12mm, atau 3x lipat lebih ramping daripada display milik LG yang setebal 0,44mm.

Tak hanya itu, Samsung juga mengklaim display mereka juga lebih ringan, yakni beratnya hanya 5,2 gram saja, sementara display milik LG seberat 7,2 gram.

Dan yang paling utama, fleksibilitas display Samsung mampu ditekuk hingga radius 400mm, lebih fleksibel daripada display LG yang radiusnya masih di kisaran 700mm. Satu-satunya keunggulan LG adalah display mereka berukuran lebih besar, yaitu 6 inci.

Semua ini barulah informasi awal dan tentunya masing-masing pihak masih saling klaim produk buatannya yang terbaik. Ada baiknya kita tunggu saja hingga kedua musuh bebuyutan asal Korea ini merilis smartphone layar fleksibel mereka. [HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI