Bos Google: Internet akan Musnah

Internet of ThingsJAKARTA – Nama Google selalu diidentikkan dengan Internet. Sebutan ‘raksasa Internet’ tersemat bagi Google karena bisnisnya menggurita seperti sekarang berkat Internet. Namun belum lama ini petinggi Google, Eric Schmidt membuat pernyataan mengejutkan dengan mengatakan bahwa Internet di masa depan akan musnah.

“Sederhananya, Internet nanti akan hilang,” kata Schmidt, seperti dilansir telsetNews dari Forbes, Sabtu (31/1/2015). Pernyataan mengejutkan Schmidt itu disampaikan saat menjawab pertanyaan wartawan tentang masa depan situs-situs internet di acara Forum Ekonomi Dunia beberapa waktu.

Mengetahui para wartawan sempat terkejut dan bingung mendengar pernyataannya, Schmidt pun akhirnya menjelaskan apa maksud dia mengatakan ‘Internet akan musnah’. Menurutnya Schmidt, di masa depan manusia dan Internet akan menjadi satu kesatuan yang tak terpisahkan.

Manusia kelak sudah tidak akan menyadari kehadiran Internet sebagai bagian terpisah dari kehidupan mereka. Penjelasan Schmidt ini tentu tak bisa dilepaskan dengan maraknya implementasi atas konsep Internet of Things (Iot), di mana kelak semua perangkat akan terhubung dengan Internet.

Dengan berkembangnya IoT, kata Schmidt, manusia nantinya akan hidup dengan perangkat yang serba otomatis dan dinamis. Pengembangan IoT saat ini sudah dimulai, yang ditandai dengan semain banyaknya produk wearable gadget dan perangkat pendukung smarthome.

“Internet akan menjadi bagian dari kehidupan manusia. Bayangkan Anda berjalan ke dalam sebuah ruangan dan ruangan itu seakan dinamis. Anda bahkan bisa berinteraksi dengan benda-benda di ruangan itu,” ujar pria yang saat ini menjabat sebagai Executive Chairman Google itu.

Saat ini, tambahnya, teknologi sedang menuju ke arah yang lebih mature. Dan nanti apalagi teknologi itu telah matang, maka manusia tidak lagi menyadari bahwa kehidupannya banyak diintervensi oleh teknologi. Inilah yang dimaksud Schmidt bahwa ‘Internet di masa depan akan musnah’. Yup, selamat datang Internet of Things!. [HBS]

 

 

 

SourceForbes

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI