Bocah Sekarang Lebih Pilih Internet Ketimbang TV

Telset.id – Sebanyak dua pertiga anak-anak usia 6-14 tahun di Asia Tenggara lebih memilih menggunakan Internet ketimbang menonton televisi. Menurut studi platform marketing SuperAwesome, mobile games jadi pendorong penggunaan Internet pada anak.

Studi SuperAwesome dilakukan pada anak-anak usia 6-14 tahun di lima negara Asia Tenggara, yakni Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand dan Vietnam. Studi ini melibatkan 1.800 anak di lima negara tersebut.

Hasilnya, sebanyak 66% anak di Asia Tenggara lebih memilih menggunakan internet. Preferensi penggunaan Internet tertinggi ada di Thailand. Sementara di Indonesia, masih lebih tinggi preferensi menonton TV.

Studi ini juga menemukan bahwa anak-anak di Asia Tenggara mengakses Internet menggunakan smartphone. Sebanyak 87% anak-anak usia 6-14 tahun di Singapura dan Thailand menggunakan smartphone untuk akses internet.

Bagaimana dengan di Indonesia? Seperti dikutip dari Mumbrella Asia, di Indonesia sebanyak 70% anak usia 6-14 tahun menjadi pengakses Internet di smartphone. Studi ini juga mencatat, hanya 43% anak usia 6-14 tahun di Indonesia yang menggunakan desktop untuk akses Internet.

Temuan studi juga menunjukkan, sebanyak 40% anak usia 6-14 tahun di Asia Tenggara menggunakan smartphone pribadi untuk akses internet, bukan milik orang tuanya. Selain itu, sebagian kecil anak menggunakan tablet untuk akses internet.

Anak-anak usia 6-14 tahun di Asia Tenggara juga menggunakan lebih dari dua device pada saat yang sama (multiscreen). Penggunaan tertinggi multiscreen ada di Indonesia dan Thailand.

Kebanyakan anak-anak di Asia Tenggara menggunakan Internet untuk mengakses mobile games. Dari 10 aplikasi populer di Internet, delapan diantaranya adalah mobile games. Mobile game paling populer adalah Angry Birds, sementara aplikasi non game paling disukai adalah Youtube. [AI/HBS]

Artikel Bocah Sekarang Lebih Pilih Internet Ketimbang TV dikutip dari Telset.