Apple dan Samsung Kembali Tarung di Pengadilan

Telset.id – Apple dan Samsung akan kembali bertarung di depan pengadilan, terkait kasus sengketa pelanggaran paten milik Apple. Kedua perusahaan telah diminta mengajukan daftar para saksi untuk diserah kepada Pengadilan Distrik utara California, AS.

Sidang akan kembali dipimpin hakim Lucy Koh. Pihak pengadilan juga telah menetapkan tanggal dimulainya sidang kasus sengketa paten antara Apple dan Samsung ini pada tanggal 28 Maret 2016 mendatang.

Dari kubu Apple akan mengajukan saksi VP iPhone, iPod dan iOS Product Marketing Greg Joswiak dan VP Pengadaan Tony Blevins yang akan memberikan kesaksian di pengadilan ulang mendatang.

Apple juga menyerahkan daftar saksi yang “dapat memanggil” adalah SVP dari Worldwide Marketing Schiller, Senior Direktur Desain Industri Christopher Stringer dan VP dan Chief IP Counsel Bruce Watrous.

Diperkirakan salah satu saksi lainnya yang akan dipanggil Apple adalah Scott Forstall, mantan petinggi iOS yang pernah menjadi saksi di kasus pelanggaran hak paten. Selain Forstall, beberapa petinggi lainnya yang akan dipanggil adalah Greg Joswiak, Tony Blevins, dan Phil Schiller.

Sementara dari Samsung akan memanggil para petinggi Apple yang masih aktif dan telah turun dari jabatannya. Dalam daftar juga akan memasukkan saksi ahli lainnya dengan spesialisasi hukum paten, pemasaran dan operasi keuangan dari kedua belah pihak untuk bersaksi di pengadilan.

Seperti diketahui sebelumnya, Hakim Lucy Koh telah memerintahkan pengadilan ulang setelah permohonan banding yang diajukan Samsung ditolak, sehingga kasusnya dikembalikan ke pengadilan distrik di mana kasus ini akan dibuka kembali.

Dalam persidangan sebelumnya, Samsung telah divonis bersalah melanggar paten Apple dan diwajibkan membayar denda pelanggaran hak paten kepada Apple sebesar USD 548 juta di bulan Desember lalu.

Sebuah perjuangan yang tidak mengenal lelah di antara kedua raksasa teknologi ini, yang bertarung di meja hijau sejak tahun 2012 lalu. Namun Samsung masih berusaha melakukan banding agar denda tersebut bisa berkurang USD 399 juta. Namun permintaan banding yang diajukan Samsung ditolak oleh para hakim.

Perseteruan Apple dan Samsung memang tidak hanya terjadi di pasar smartphone. Kedua raksasa smartphone ini juga bertarung sengit di depan pengadilan sejak tahun 2012 lalu. Sebuah perjuangan yang menguras energy dan tentu saja biaya.

Sampai kapan perseteruan ini akan berakhir? Drama di pengadilan ini seperti masih akan terus berlanjut, seiring panasnya persaingan mereka di pasar smartphone. [HBS]

Artikel Apple dan Samsung Kembali Tarung di Pengadilan dikutip dari Telset.

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -