Blackberry Z3

BlackBerry-Z3-Pre-Orders-Kick-Off-Limited-Jakarta-Edition-Exclusive-to-Indonesia-439543-2

 

“Blackberry yang dibuat khusus untuk Indonesia, dengan kemampuan dual-core 1.2GHz dan dengan OS Blackberry terbaru 10.2.1”

Desain

Mengikuti jejak seri sebelumnya, Blackberry Z3 mempunyai bentuk dinamis persegi panjang dengan desain yang terlihat kokoh namun tetap elegan dan pada sektor layarnya menggunakan layar dengan dimensi 5 inci. Mengusung rancangan unibody berbalut plastik dengan kontur berlubang kecil-kecil yang padat pada bagian cover belakang, ini dilakukan oleh Blackberry agar sentuhan tangan menjadi kesat dan nyaman. Dari segi pemilihan material, nampak ada sentuhan kelas middle low, tapi harus diakui bila material pada Z3 cukup berkelas, tidak terlihat kalau ini smartphone Rp2 jutaan

Secara detail bisa kami gambarkan, kalau desain BlackBerry Z3 juga sangat minimalis. Seperti diatas layar terdapat lensa kamera depan, lubang ear speaker. Sementara di bagian bawah layar, terdapat logo Blackberry, yang terlihat sangat elegant. Pada bagian atas bodi, hanya ada lubang audio jack 3,5 mm. Kemudian pada bagian bawah bodi, nampak lubang mikrofon dan port microUSB.

Untuk bodi sisi kanan bodi, dari atas kebawah disematkan tombol on/off, juga sebagai pengunci layar, tombol pengatur volume up and down, dan diantara dua tombol pengatur volume, ada tombol kecil untuk play/pause voice command.

Nah, pada sisi kiri bodi, dalam penampang tertutup, terdapat slot microSD dan slot micro SIM. Pada bagian belakang, terdapat lensa kamera utama berikut flash light, lubang mikrofon sekunder, dan lubang speaker. Sedangkan sisi kanan di bagian belakangnya terpampang tulisan “JAKARTA” yang memang penamaan khusus buat orang Indonesia pada seri Z3 ini.

Display

Untuk layar Blackberry Z3 mempunyai layar dengan teknologi Capasitive touch screen yang di bentangkan selebar 5.0 inci dengan resolusi mencapai 540 x 960 pixels. Tingkat kerapatan yang di pakai juga cukup baik yaitu dengan 220 ppi (Pixels Per Inchi) yang mampu menampilkan hingga 16 juta warna. Sektor layar yang keseluruhannya menggunakan layar sentuh membuat smartphone Blackberry Z3 ini meyerupai seri Blackberry Z10 dan Z30 dengan kwalitas premium.

Tampilan layar yang dominan warna biru dan dipadukan dengan hitam dan tulisan putih dari setip menu, memang tidak membuat Anda terkendala ketika melihat layar. Semua terlihat sangat jelas dan tajam sehingga sangat nyaman berinteraksi lama-lama dengan Blackberry Z3 ini.

IMG_20140612_101026

Interface

BlackBerry Jakarta ini mengusung sistem operasi BlackBerry Versi 10.2.1 yang merupakan versi terbaru Blackberry asal Kanada ini.Sistem operasi ini menyertakan sejumlah besar fitur baru, misalnya pengaturan white balance di menu setting>display dan icon untuk mengaktifkan fungsi lampu senter di panel quick settings (diakses dengan menyapu jari dari sisi atas layar ke arah bawah).

Blackberry Z3 juga memiliki quick settings (diposisi atas layar) yang sangat berguna layaknya fitur serupa di Android ini hanya dapat diakses dari home screen, tak bisa dipanggil selagi pengguna menjalankan aplikasi.

Salah satu fitur yang paling menarik pada sistem operasi bawaan BlackBerry Z3 adalah kemampuan untuk memasang aplikasi Android dalam bentuk file APK tanpa perlu merubah atau dikonversi terlebih dahulu menjadi file BAR seperti sebelumnya. Android Runtime pada OS ponsel ini terdeteksi sebagai versi 4.2.2 (Jelly Bean).

“ Salut dengan kemampuan untuk memasang aplikasi Android dalam bentuk file APK tanpa perlu merubah Format BAR”

Hardware

Dilirik dari segi performanya, smartphone terbaru milik Blackberry ini mempunyai kwalitas yang cukup mempuni untuk bersaing dengan berbagai smartphone lain di sektor kelas menengah. Menggunakan perpaduan dari chipset Qualcomm Snapdragon 400 yang di sandingkan dengan Processor Dual-core Cortex-A7 dengan kemampuan clock speed 1.2 Ghz untuk menjalankan operating sistem Blackberry v10.2.1 dengan baik. Selain itu ada pula RAM 1.5 GB yang membantu kestabilan performanya saat penggunaan fitur-fitur secara bersamaan. Selain itu saja, pada sektor layarnya juga di tanam GPU Adreno 305 yang siap untuk mengatur konsumsi layarnya.

Bukan hanya pada sektor itu, pada kekuatan penerimaan jaringan juga bagus. Blackberry Z3 ini memang di ciptakan khusus bagi masyarakat Indonesia sehingga penerimaan jaringan pada handset Blackberry kali ini bisa di katakan adalah jagoannya koneksi. Mampu menerima layanan HSPA+ 1, 2, 8 (2100/1900/900 MHz), dan 2G membuat Blackberry Z3 cukup memenuhi harapan Anda.

Untuk kapasitas memorinya Anda akan dibekali dengan kapasitas 8GB dan disupport dengan memori eksternal yang support hingga 32GB.

Kamera

Salah satu alasan Blackberry Jakarta ini murah adalah kamera. Ini sangat jelas Blackberry membangun Z3 bukan sebagai smartphone dengan keunggulan foto. Tetapi bukan berarti kamera yang disempatkan juga asal-asalan. Dengan resolusi kamera 5 megapixels untuk  kamera belakang, kami pikir sangat cukup buat Anda dapat mengambil gambar dengan beberapa pengaturan Shooting mode (normal, stabilization, Burst, HDR), atau Anda juga dapat mengandalkan beberapa modus seperti Action, Whiteboard, Night dan Bech or snow.

Nah, sedikit mengganjal untuk hasil foto selfie ketika menggunakan kamera depan dengan resolusi  1.1 megapixels. Saya sarankan jangan terlalu banyak mengambil foto dari kamera ini dipastikan hasilnya kurang memadai. Tetapi kamera ini bisa juga lho! Dimanfaatkan untuk merekam video dengan resolusi HD 720p atau digunakan untuk video chat. Fasilitas yang ada juga sangat sederhana seperti yang kami jabarkan di atas. Saking sederhananya tidak ada pengaturan Time Shutter Automatis dan keberadaan modus filter(effect). So! Jangan harapkan menggunakan tongsis dengan kamera ini dan membuat perubahan wajah Anda. Tapi setidaknya Blackberry Jakarta punya auto-focus yang bisa diandalkan.

Multimedia

Untuk urusan merekam gambar bergerak (video record), Blackberry Z3 dibekali dengan moda normal dan stabilisasi saat pengambilan video. Anda dapat mengatur ukuran resolusi video antara 1080p full HD dan 720p HD. Yang menarik BlackBerry sudah menyediakan menu video editor dan dan tayangan slide. Baik hasil olahan dari foto dan video, dapat dengan mudah di share ke email atau jejaring sosial. Format yang bisa dijalankan pada perangkat videonya 3GP, 3GP2, M4A, M4V, MOV, MP4, MKV, MPEG-4, AVI, ASF, WMV.

Sedangkan urusan musik Blackberry Z3 ini mempunyai pemutar musik bawaan yang cukup menarik, sudah dilengkapi dengan playlisty, repeat dan shuffle. Hanya sayang, tidak ada pengaturan equalizer. Selain itu, ada fitur FM radio, Anda dapat men-scan secara otomatis atau mencari channel secara manual. Sayangnya, tidak ada kemampuan untuk rekam siaran.

Browser

BlackBerry 10 browser masih salah satu yang terbaik yang ada, dan ketika kami browsing di Z3 is awesome. Dengan layar lebar  5 inci meninggalkan banyak ruang untuk memeriksa halaman favorit Anda. Browsing cepat dan halus dan sangat intuitif. Fitur Share hanya dengan beberapa sentuhan bisa dilakukan, dan tentu saja Anda dapat mengakses Hub dari dalam browser untuk akses cepat. Browser BB10 juga sudah dilengkapi dengan fasilitas Adobe Flash.

BBM (Blackberry Messanger)

Fitur khas BlackBerry Messenger (BBM) menggunakan versi terbaru, di dalamnya dapat dijumpai fitur terbaru mulai dari BBM Channel hingga toko yang menyediakan stiker. Di BBM channel, Anda dapat mengikuti kanal dari berbagai merek di Indonesia maupun dunia, sementara untuk stiker tersedia sejumlah individu yang menyediakan berbagai tema stiker, sampai dengan stiker dengan tokoh pewayangan Indonesia seperti Gareng dan Petruk. Blakberry juga menempatkan BBM Now dalam aplikasi apa pun, Anda dapat menerima dan menanggapi semua pesan BBM Anda dari dalam aplikasi apa pun tanpa harus menghentikan apa yang Anda lakukan.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0