Bill Gates Bukan Pemegang Saham Mayoritas di Microsoft

Bill Gates pendiri Bill & Melinda Gates Foundation

Jakarta – Microsoft selalu identik dengan sosok sang pendirinya, Bill Gates. Namun tahukah Anda, Gates kini bukan lagi sebagai pemegang saham mayoritas di perusahaan raksasa perangkat lunak tersebut.

Ini merupakan kejadian pertama kali dalam sejarah Microsoft, dimana Gates sebagai pendiri perusahaan tidak lagi memiliki saham mayoritas. Pemegang saham mayoritas di Microsoft kini diambil alih mantan CEO Microsoft, Steve Ballmer.

Menurut US Securities and Exchange Commission, saat ini Bill Gates hanya memiliki sekitar 330,1 juta saham. Tergerusnya saham Gates di Microsoft karena mantan CEO Microsoft itu telah menjual sekitar 4,6 juta saham miliknya di Microsoft pada minggu lalu.

Sementara mantan CEO Microsoft lainnya, Steve Ballmer kini di posisi teratas, dengan kepemilikan saham sebanyak 333 juta. Demikian seperti dikutip telsetNews dari Reuters, Senin (6/5/2014).

Gates memang diketahui secara rutin selalu melepas sahamnya dalam 12 tahun terakhir. Total saham yang telah dijual oleh Gates ditaksir sekitar 80 juta lembar. Dan jika aktifitas menjual saham itu terus dilakukan Gates, maka diperkirakan saham yang dimilikinya akan habis dalam empat tahun ke depan.

Hasil penjualan saham itu banyak digunakan untuk mendanai kegiatan Bill & Mellinda Gates Foundation, yang didirikannya bersama sang istri Melinda Gates. Setelah tak lagi aktif di Microsoft, Gates memang dikenal sebagai philanthropy yang aktif di berbagai kegiatan kemanusian.

Lewat yayasannya tersebut, Gates banyak memberikan sumbangan untuk masyarakat miskin, seperti vaksin dan fasilitas sanitasi bersih di beberapa negara berkembang, di Afrika dan Asia. Miliuner dermawan itu telah mendonasikan lebih dari USD 28 miliar.

Bill Gates mendirikan Microsoft bersama Paul Allen di tahun 1975. Saat Microsoft pertama kali melantai di pasar bursa tahun 1986, Gates memiliki 49 persen saham. Dan seiring waktu bisnis Microsoft akhirnya semakin meraksasa, dan akhirnya mengantarkan Gates sebagai manusia terkaya di planet bumi.

Meski sekarang Gates tak lagi memiliki saham mayoritas di Microsoft, namun dia masih tercatat sebagai orang terkaya di dunia. Dalam laporan terbarunya, majalah Forbes memperkirakan kekayaan Gates mencapai USD 77 miliar.[HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI