Bikin Jam Rakitan, Ahmed Malah Ditangkap Polisi

Ahmed Mohamed
Ahmed saat ditangkap polisi karena dituduh membawa bom (dallasnews)

JAKARTA – Seorang murid MacArthur High School, Texas, AS, bernama Ahmed Mohamed digelandang pihak kepolisian karena diduga membawa bom ke sekolah. Namun nyatanya, setelah diperiksa, benda yang dicurigai itu hanyalah sebuah jam digital hasil rakitannya sendiri. Ahmed pun dibebaskan dari semua tuduhan.

Dallas Morning News melaporkan bahwa Ahmed membuat jam tersebut di rumahnya pada malam Minggu. Ahmed kemudian membawa hasil karyanya itu ke sekolah dan ingin ditunjukan kepda guru tekniknya. Setelah melihat jam digital tersebut, guru itu lalu melarang Ahmed menunjukkan jam tersebut pada guru-guru lain.

Sayangnya, saat Ahmed sedang berada di kelas bahasa Inggris, jam buatannya terus berbunyi, yang menimbulkan kecurigaan sang guru. Selanjutnya Ahmed dipaksa oleh guru bahasa Inggris itu untuk menunjukkan barang yang menyebabkan bunyi tersebut. Saat Ahmed menunjukkan jam buatannya, sang guru lalu menyita jam itu.

Seperti yang dilansir dari Gizmodo, di jam keenam, kepala sekolah tiba di kelas Ahmed bersama seorang polisi. Ahmed lalu ditangkap. Ahmed menyatakan bahwa dia diinterogasi oleh 5 polisi yang berbeda.

Kelima polisi itu bertanya padanya kenapa dia berusaha untuk membuat sebuah bom. Ahmed juga berkata bahwa kepala sekolah mengancam akan mengeluarkannya dari sekolah. Sidik jarinya juga sempat diambil oleh polisi.

Setelah diselidiki, ternyata ada 3 orang guru dari MacArthur High School yang mengirimkan laporan ke polisi. Ketiga guru tersebut berpikir bahwa Ahmed sedang berusaha untuk membuat bom.

Polisi sempat membawa jam buatan Ahmed saat mereka sedang menanyai remaja tersebut. Dalam pernyataan resmi yang dirilis polisi, mereka menyatakan bahwa Ahmed terus berkata bahwa jam buatannya hanyalah sebuah jam dan tidak memberikan keterangan lebih lanjut.

Jam digital rakitan Ahmed
Jam digital rakitan Ahmed yang dikira bom (dallasnews)

Dalam pernyataan yang sama, polisi membela diri dengan berkata bahwa jam buatan Ahmed dengan mudah dikira sebagai sebuah perangkat jika ditinggal di kamar mandi atau di bawah mobil. Pihak polisi Irving malah berencana akan menuntut Ahmed dengan tuduhan membuat “bom palsu.”

Tidak diketahui alasan mengapa polisi begitu “parno” dengan bocah kutu buku yang tidak bersalah itu. Ahmed sendiri tercatat pernah menjadi anggota dari klub robotik saat dia SMP. Dalam sebuah foto penangkapan Ahmed yang diambil oleh saudara perempuannya, Ahmed terlihat kebingungan saat kedua tangannya diborgol polisi.

Next page

SourceGizmodo

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI