telset

Berkat Jobs on Google Search, Cari Kerja Jadi Lebih Mudah

Telset.id, Jakarta – Ada kabar gembira bagi Jobseeker atau mereka yang sedang mencari pekerjaan. Google telah meluncurkan sebuah layanan bertajuk Jobs on Google Search untuk memudahkan pencarian kerja.

Dalam acara tahunan “Google for Indonesia” di Lotte Shopping Avenue, Jakarta Selasa (04/12) layanan ini dirilis dan diharapkan bisa memberikan kemudahan bagi pencari kerja dalam menemukan lowongan pekerjaan dari situs-situs populer, platform bursa lowongan, iklan online dan situs perusahaan.

“Lulusan Indonesia berlipat namun mencari pekerjaan yang tepat sangat rumit. Untuk itu kami menyederhakan dengan bantuan Artificial Intelligence (AI) untuk memberikan informasi lowongan pekerjaan,” ucap Kentaro Tokusei, Product Management Director Google Search.

Pada presentasi tersebut, Kentaro meminta bantuan Mira Sumanti selaku Product Marketing Manager Google Search untuk mencoba layanan. Saat itu, Mira hanya mengetik kata “Lowongan Kerja” dan hasilnya banyak lowongan kerja dari situs-situs penyedia informasi lowongan kerja di halaman pertama Google.

“Lowongan kerja yang relevan dari situs Loker.id, Jobstreet, UrbanHire berdasarkan bidang dan spesifikasi ada disini,” ujar Mira.

 

Pengguna pun tinggal memilih modul klik untuk mendapatkan informasi yang lebih banyak soal pekerjaan tersebut mulai dari posisi, peran dan tanggung jawab dan jenis pekerjaan.

“Kriterianya juga dikasih tahu jenis kontrak dan tipe perusahaannya,” tambah Mira.

Fitur lainnya adalah fitur simpan lowongan dan juga pengaktifan notifikasi. Tujuannya jika ada lowongan terbaru maka pengguna bisa langsung mendapatkan informasi tersebut sehingga bisa menjadi yang pertama dalam melamar pekerjaan.

“Jadi ada set notifikasi yang bisa memberitahu jika ada lowongan terbaru yang sesuai dengan penelusuran mereka,” ucap Mira.

Layanan ini telah tersedia dalam Bahasa Indonesia di aplikasi Google Search baik untuk Android dan iOS serta browser seluler dan desktop dengan menampilkan ribuan lowongan dari ratusan situs.

Untuk meningkatkan jumlah lowongan pihak Google telah menerbitkan dokumentasi terbuka bagi semua pihak ketiga baik platform bursa lowongan dan perusahaan besar maupun kecil untuk membuat lowongan pekerjaan mereka bisa ditampilkan di layanan penelusuran terbaru ini. [NM/IF]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0