Berat Badan Berlebih Kini Dapat Dilihat dari Satelit?

Telset.id,Jakarta – Tahukah anda, obesitas kini menjadi masalah global. Bahkan, para ilmuwan sekarang dapat melihatnya dari satelit yang mengorbit planet kita, dan ini sangat masuk akal.

Sebab, jika seseorang tinggal di sekitar lapangan golf, gym, dan taman, ada kemungkinan mereka akan lebih sehat, bila dibandingkan orang yang tinggal di dekat restoran cepat saji dan tempat hiburan.

Tim ilmuwan di AS telah melatih program kecerdasan buatan (artificial intelligence) untuk menganalisa citra satelit lingkungan perkotaan guna memetakan hubungan antara lingkungan dan kesehatan kita.

“Kami mengusulkan metode untuk menilai hubungan antara prevalensi obesitas dewasa dan lingkungan binaan yang melibatkan penggalian fitur fisik lingkungan dari citra satelit resolusi tinggi, ” tulis tim tersebut dalam makalah yang menjelaskan penelitian mereka.

Tim telah menanamkan 150.000 gambar beresolusi tinggi di sejumlah wilayah meliputi Bellevue, Seatlle, Tacoma, Los Angeles, Memphis, dan San Antonio ke dalam jaringan saraf yang sudah diarahkan ke 1,2 juta gambar pemukiman manusia dari luar angkasa.

Data itu dicocokkan dengan statistik tingkat obesitas di tempat-tempat yang diambil dari penelitian terpisah di 500 kota.

[Baca Juga : Google Dituntut Lantaran Sebar Informasi Pengguna Tanpa Izin]

Ini memungkinkan bagi para peneliti untuk membangun sebuah model yang akan menjelaskan hubungan antara tempat seperti pom bensin, pusat perbelanjaan, restoran atau taman dengan tingkat obesitas di daerah tersebut.

“Studi kami penting karena beberapa alasan,” tulis tim itu.

Yang pertama, meskipun lingkungan yang dibangun telah dianggap memiliki efek pada prevalensi obesitas, penelitian telah menghasilkan hasil yang bervariasi. Sebagian karena ukuran lingkungan binaan bisa subjektif, dan terkadang mengandalkan persepsi peneliti.

Kedua, dalam beberapa penelitian, audit terhadap fitur lingkungan binaan telah dilakukan sebelumnya dengan mengunjungi lokasi atau melakukan survei lingkungan yang memakan biaya dan waktu. Pengembangan algoritma data akan menurunkan biaya dan dapat digunakan untuk menyelidiki efek hubungan antara karakteristik tempat dengan obesitas.

“Dan yang ketiga, penelitian kami menyajikan bukti kuat dan konsisten. Menunjukkan bahwa lingkungan binaan dapat menjadi indikator signifikan prevalensi obesitas,” katanya.

Sumber : metro.co.uk

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0