Belum Penuhi TKDN, 3 Ponsel 4G Meizu Melenggang di Indonesia

Telset.id, Jakarta – Pemerintah telah menetapkan aturan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) untuk ponsel 4G yang akan mulai diterapkan mulai 1 Januari 2017 mendatang. Terkait hal itu, Meizu menjamin akan menaati aturan pemerintah, meski saat ini mengakui belum bisa memenuhinya

Ada yang menarik saat Meizu meluncurkan smartphone terbarunya, karena pabrikan asal China itu sempat mengklaim telah memenuhi aturan TKDN untuk smartphone yang sudah mendukung konektivitas 4G.

“Semuanya sudah mematuhi peraturan TKDN di Indonesia,” ujar Yao Ying Zhi, Distributor Meizu di Indonesia di sela acara peluncuran smartphone baru Meizu di Soehana Hall, Jakarta, Selasa (6/12/2016).

Namun saat didesak, ia mengakui memang tiga ponsel 4G yang diboyong ke Indonesia semuanya masih diimport dari China alias diproduksi di sana. Zhi mengatakan saat ini pihaknya masih dalam proses persiapan untuk memenuhi aturan TKDN.

“Untuk saat ini produk Meizu masih diproduksi di China, tapi kedepannya kami akan memproduksinya di Indonesia bersama mitra kami. Mungkin akhir tahun sudah bisa mulai,” ucapnya.

Ia mengungkapkan, Meizu akan bekerja sama dengan dua perusahaan asal Indonesia yang akan menjadi mitra untuk memenuhi aturan TKDN. Ada dua pilihan kota untuk pabrik, yakni Jakarta dan Surabaya.

Meizu sendiri baru saja memboyong tiga smartphone 4G terbaru ke Indonesia, yakni Meizu MX6, Meizu M5, dan Meizu M3 Note. Dari ketiga produk terbaru tersebut, tipe yang paling tinggi adalah Meizu MX6 yang mengusung berbagai fitur baru termasuk adanya OS terbaru yakni Flyme 6 berbasis Android 6.0 Marshmallow,.

Dua produk lainnya adalah dari lini produk M Series yakni M5 dan M3 Note. Untuk Meizu M5, smartphone ini mengusung layar IPS 5.2 inch dengan resolusi 720p dan OS Flyme 5.5 berbasis Android 5.1 Lollipop, prosesor Octa-core dengan chipset MediaTek MT6750, dengan dua pilihan RAM dan memori internal yakni 2GB/16GB dan 3GB/32GB.

Sedangkan yang terakhir adalah Meizu M3 Note. Smartphone ini mengusung layar IPS 5.5 inch dengan resolusi 1080p dan OS Flyme 5 berbasis Android 5.1 Lollipop. Smartphone ini memiliki spesifikasi yang lebih baik daripada M5 karena menggunakan prosesor Octa-core dengan chipset Helio P10, dan pilihan RAM serta memori internal yang mirip dengan M5.

Ketiganya memiliki harga yang bervariasi. Untuk Meizu MX6 dihargai Rp 3,9 jutaan, Meizu M5 Rp 1,9 jutaan, dsn Meizu M3 Note Rp 2,29 jutaan. Bagaimana, apakah Anda minat? (FHP/HBS)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here