Beli Saham Real Estate di Amerika Bisa Pakai Blockchain

Telset.id, Jakarta – Perkembangan teknologi digital dalam sektor keuangan memberikan berbagai macam alternatif dalam berinvestasi. Pada transaksi penjualan saham, investor kini memiliki pilihan dengan menggunakan sistem blockchain, basis sistem mata uang digital alias kripto (cryptocurrency).

Salah satu pionirnya adalah Indiegogo yang mempromosikan skema baru dalam dunia real estat, dimana investor bisa membeli saham hotel St. Regis Aspen, dalam bentuk token atau koin digital, seperti dilansir theverge.com, Jumat (24/8/2018).

Hotel ini sedang mencari investasi senilai US$18 juta atau setara Rp 263,5 triliun dalam token sekuritas. Investor terakreditasi dapat membeli Aspen Coins melalui agen broker yang terdaftar SEC menggunakan dolar AS, Bitcoin atau ether, mulai Jumat malam ini.

Ini adalah bagian dari tren lebih luas dari perusahaan yang meluncurkan cryptocurrency yang didukung aset, bukan koin biasa. Banyak penggemar kripto melihat koin-koin yang didukung aset ini sebagai alternatif yang lebih stabil dan resmi untuk penawaran koin perdana (ICO).

Ini adalah usaha kedua Indiegogo dalam koin, meskipun secara teknis tidak akan berhadapan dengan koin secara langsung. Dana dari investor akan masuk ke hotel Aspen, dengan promosi kesepakatan oleh Indiegogo melalui halaman arahan.

Baca juga: Klub NBA Tambang Kripto untuk Bantu Warga Kulit Hitam

Pendiri Indegogo Slava Rubin mengatakan Desember tahun lalu, perusahaannya mempromosikan ICO perusahaan lain dan berjalan dengan baik, dengan mencatat penawaran tersebut mencapai target penggalangan dana.

Dengan begitu banyak perusahaan kripto dan proyek blockchain ambisius berubah menjadi curang atau hanya menghasilkan sedikit pendanaan mereka, pasar memiliki banyak ranjau darat.

Rubin mengatakan Indiegogo memiliki tim khusus untuk mengarahkan perusahaan-perusahaan yang ingin meluncurkan penawaran dan hanya sebagian kecil saja yang dianggap layak. Tetapi dia tidak akan membahasnya lebih lanjut.

Dorongan terhadap koin yang didukung aset datang setelah terjadi tren penurunan harga koin digital dan sejumlah penyelidikan SEC terkait ICO.

Menurut Rubin, ia membayangkan bahwa, setelah pemeriksaan pengawasan ICO, perusahaan dapat mulai meluncurkan penawaran token sekuritas untuk mematuhi SEC dan peraturan federal.

“Menurut pendapat saya, Kripto dan token yang didukung sekuritas adalah dua hal yang sangat berbeda. Aset keras kurang spekulatif dan mereka cenderung berjalan di masa depan,” katanya.

Ketika ditekan pada apakah dia berpikir orang lain berbagi pemikiran ini, Rubin mengatakan sementara ini masih konsep yang relatif baru, token sekuritas akan menjadi masa depan. Dia membayangkan mereka menjadi tempat pendanaan dominan untuk komunitas kripto pada awal 2019.

Baca juga: Netizen China Pakai Blockchain Sebarkan Berita yang Disensor

Indiegogo mengatakan dengan kemitraan di masa depan, perusahaan dapat menetapkan aturan yang berbeda tergantung pada bagaimana mereka mengajukan penawaran mereka dan membuka crowdfunding kepada masyarakat umum dan bukan hanya investor yang terakreditasi.

“Bayangkan real estat (tidak semua orang bisa memilikinya) Tapi dengan metode ini, mereka berpotensi bisa memilikinya,” kata Rubin. [WS/HBS]

Sumber: The Verge

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI